19.4.16

RINGKASAN FILM "UP IN THE AIR"

RINGKASAN FILM : 'UP IN THE AIR'

IRNANINGSIH
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

"UP IN THE AIR"................... Film ini berkisah tentang kehidupan seorang Personalia sebuah perusahaan besar yang memiliki cabang di berbagai negara yang bernama Ryan Bingham. Sebagai seorang Personalia yang tugasnya : melakukan analisa kerja, memilih karyawan, evaluasi kerja serta melakukan pemutusan hubungan kerja atau bahasa kasarnya pemecatan karyawan, Bingham harus profesional dalam setiap langkahnya.
Hari demi hari Bingham habiskan dengan melakukan perjalanan di udara, terbang ke berbagai kota dan berbagai negara. Suatu ketika , saat perusahaan mulai kolaps, maka sebagai seorang personalia ia harus tegas dan lihai mengambil tindakan yang tepat demi menyelamatkan perusahaan. Ia terbang ke berbagai negara untuk memutuskan  nasib karyawan yang akan ia pecat.
Ia sangat lihai mengolah bahasa dan memberi harapan palsu kepada para karyawan yang hendak ia pecat. Berbagai alasan dan harapan palsu ia olah menjadi bahasa indah yang sedikit menguatkan para karyawan yang akan ia pecat. Berbagai ekspresipun muncul dari pihak karyawan yang ia pecat. Dan terkadang terjadi cekcok atas ketidakadilan yang di lakukan Bingham sebagai wakil perusahaan dengan karyawan yang telah mengabdi bertahun-tahun. Tapi apa boleh di kata pemecatan tetap terjadi.
Hingga suatu ketika perusahaan mengirim seorang First graduate yang bernama Ms. Keener sebagai personalia baru yang akan melakukan eksekusi pemecatan dengan media komputer. Namun Bingham tidak setuju dengan ide ini. Karena karyawan ini bukanlah robot, tetapi manusia yang harus tetap di hargai. Ms. Keener menggunakan media komputer karena ia merasa tidak tega saat harus memecat dan bertatap muka. Dengan bantuan dari Ryan Bingham lambat laun Ms Keener berani melakukan pemecatan secara langsung.

0 comments:

Post a Comment