19.4.16

RINGKASAN FILM : "UP IN THE AIR"

Ringkasan Film "Up In The Air"

Wahyu Relisa Ningrum
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Film yang dibintangi oleh George Clooney sebagai Ryan Bingham, Vera Farmiga sebagai Alex Goran, dan Anna Kendrick sebagai Natalie Keener, menceritakan tentang kehidupan seorang pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Amerika, yaitu di CTC/Carier Transition Corporation yang menangani masalah pemecatan karyawan di berbagai perusahaan. Waktu Ryan banyak dihabiskan  di atas pesawat, melakukan perjalanan dari kota ke kota di Amerika untuk memecat pegawai/karyawan di berbagai perusahaan yang menyewanya.
Ryan sebagai pemenggal harapan hidup seseorang bahkan sekumpulan orang, menggoyangkan zona aman mereka dengan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang selama ini ia lakukan sendirian, dengan berbagai persiapan yang rapi dan terkesan simple. Dalam proses pemecatannya Ryan bersikap tenang, penuh perhitungan dan sangat detail. Dengan memanggil mereka satu per satu tanpa menjelaskan alasan mereka dipecat, ia hanya menunjukkan kepada mereka bahwa dipecat bukan akhir dari segalanya dan ia selalu memberikan sebuah buku yang menurut Ryan akan membantu mereka setelah PHK tersebut. Dan sampai pada akhirnya datang seorang wanita, masih muda bernama Natalie, membawa inovasi dalam PHK pegawai yang hanya menggunakan seperangkat komputer yang dinilai sangat efektif dan efisien walaupun hal itu tidak manusiawi. Dengan hanya melakukan pemecatan pegawai dihadapan komputer, dalam waktu beberapa menit dan SELESAI. Hanya ITU!!!!

Terlepas dari semua itu, film ini menggambarkan bagaimana seorang Ryan Bingham dapat membangkitkan motivasi internal yang dimiliki oleh orang yang dipecatnya. Salah satunya dengan mengingatkan kembali motivasi orang tersebut untuk pertama kalinya bekerja diperusahaan tersebut, misalnya masalah gaji yang diterimanya, apakah bakat yang dimiliki mereka sesuai dengan pekerjaannya, dan apakah pegawai tersebut menikmati pekerjaan yang belasan bahkan puluhan tahun mereka lakukan. Mengingatkan masih adanya keluarga yang selalu ada untuk kita, masih ada hal-hal yang dapat kita lakukan dan kita maksimalkan seperti bakat terpendam yang mereka miliki, yang perlu digali dan dikembangkan. Dan bagaimana pintarnya seorang Ryan memberikan harapan-harapan palsu terhadap pegawai yang akan dipecatnya.
Jadi, intinya kita harus dapat membangkitkan MOTIVASI INTERNAL yang ada pada diri kita untuk menunjang segala hal yang kita lakukan setiap harinya terutama dalam menunjang pekerjaan kita. 


0 comments:

Post a Comment