19.4.16

Ringkasan Film Up In The Air

FADLI AMIN
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta






UP IN THE AIR", Film tersebut dibintangi oleh George Clooney sebagai Ryan Bingham dia berperan sebagai HRD Senior, Vera Farmiga sebagai Alex Goran, dan Anna Kendrick sebagai Natalie Keener yang berperan sebagai fresh graduates HRD yang setia menemani perjalan Ryan Bingham,  
Ryan Bingham dan Natalie bekerja di salah satu perusahaan swasta di Amerika, yaitu di CTC/Carier Transition Corporation yang menangani masalah pemecatan karyawan di berbagai perusahaan. Waktu Ryan banyak dihabiskan  di atas pesawat, melakukan perjalanan dari kota ke kota di Amerika untuk memecat pegawai/karyawan di berbagai perusahaan yang menyewanya.

Memecat seorang karyawan perusahaan  memang bukan hal yang mudah ,apalagi karyawan/pegawai tersebut telah bekerja puluhan tahun lamanya dan telah cukup banyak memberikan sumbangan  dedikasi yang tinggi pada perusahaanya. ‘pemecatan’ adalah hal yang cukup menyakitkan apabila itu terjadi pada orang yang membutuhkan pekerjaan. Inilah yang dimainkan oleh Ryan Bingham, bagaimana peran dia sebagai seorang professional berpengalaman dan bertaruh dengan segala perasaan hati nurani dalam dirinya dalam mengambil sebuah keputusan memecat  seorang karyawan (PHK)”
Hari demi hari Ryan Bingham dan Natalie , dia habiskan dengan melakukan perjalanan di udara menggunakan pesawat terbang ke berbagai kota dan berbagai negara. Untuk mengelingi cabang perusahaanya tersebut.
, Film ini juga menggambarkan bagaimana seorang Ryan Bingham sebagai seorang professional dia harus rela mengorbankan perasaanya yang mungkin sebenarnya dalam hatinya ada rasa tidak tega atau kasihan untuk memecat seorang karyawan rasa terlihat dari bagaimana ekspresi raut wajahnya ketika berhadapan terhadap calon karyawan yang akan dia PHK  ,namun untuk menutupi semua itu dia dengan  kemampuan kelihaian dalam  mengolah bahasa yang sangat bagus ,dia berusaha memberikan sebuah  motivasi internal kepada karyawan yang akan dia PHK. Salah satunya dengan mengingatkan kembali tentang motivasi orang tersebut untuk pertama kalinya bekerja diperusahaan tersebut, dan  mengingatkan tentang bakat terpendam yang mereka miliki, yang perlu digali dan dikembangkan.

Kesimpulan yang saya tangkap dari film tersebut,adalah Tentang sebuah tanggung jawab seorang personalia (HRD) sebagai seorang professional, dia  harus menjalankan tugas-tugasnya diantaranya melakukan analisa kerja, memilih karyawan, evaluasi kerja serta melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK dan mungkin sampai harus berusaha rela mengorbankan hati nuraninya sendiri, demi mengemban tugas dan pekerjaanya tersebut.


0 comments:

Post a Comment