19.4.16

RINGKASAN FILM : UP IN THE AIR

Khoirunnisa Istianah
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

"Perjalanan seorang downsizer"


Ryan Bingham adalah seorang karyawan perusahaan jasa bernama CTC (Career Transition Counceling). Pekerjaan utamanya adalah pergi ke berbagai tempat di seluruh dunia dan mengatur proses PHK atas nama bos-bos perusahaan yang terlalu pengecut untuk melakukannya sendirian. Pekerjaan yang mengharuskannya pergi dari satu wilayah ke wilayah yang lain membuat Ryan Bingham menjadi orang yang asosial. Rumah baginya bukan lagi lantai dengan atapnya, namun pesawat, hotel, fasilitas, dan kesenangan yang melingkupinya.          Selain sebagai seorang konseling yang mewakili perusahaan melakukan pemecatan terhadap karyawannya, Ryan Bingham adalah seorang motivator. “Unpacking Your Backpack” itulah tema motivasi yang dibawakannya dari satu negara ke negara lain tentang bagaimana membangun diri dan kepribadian kepada orang-orang yang merasa terbebani dengan kehidupan.
Memecat orang yang sedang bekerja dalam suatu perusahaan, tidak dalam keadaan saling mengenal, tentunya bukanlah persoalan yang mudah. Apalagi ‘pemecatan’ adalah hal yang cukup menyakitkan apabila itu terjadi pada orang yang membutuhkan pekerjaan. Inilah yang dimainkan oleh Ryan Bingham, memecat seseorang rupanya bukan hanya sekedar perkara “You Are Fired.”
Secara lebih kompleks, terdapat sejumlah persoalan komunikasi antar budaya yang dimainkan dalam film ini. Pertama, masalah negosiasi, ketika dua budaya berhadapan dalam perbedaan untuk menemukan kesepakatan. Menjadi jembatan antara pihak perusahaan yang enggan bertatap muka dengan karyawannya dan karyawan yang tentunya akan merasa sakit hati akibat pemecatan adalah peran yang tidak mudah. Inilah persoalan pertama yang diketengahkan dalam film ini, bahwa memecat tidak hanya sekedar berkata “You Are Fired” tapi mencakup banyak aspek negosiasi yang lebih kompleks.

0 comments:

Post a Comment