19.4.16

Ringkasan film "Up in the air"

Ringkasan film “up in the air”

Nurul Hidayah
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45

Film ini berceritakan tentang kisah perjalanan seorang yang menghabiskan hari-harinya diatas udara bersama pesawat yang membawanya menuju berbagai kota di berbagai negara untuk melakukan tugas perusahaannya yaitu memecat karyawan. Pemecatan karyawan merupakan hasil evaluasi perusahaan terhadap kinerja karyawan, tetapi dalam hal ini pemecatan dilakukan karena kondisi perusahaan yang sedang kolaps sehingga tidak mampu lagi membayar operasional karyawan
Pemain utamanya ialah Ryan, sebagai seorang yang bekerja menyampaikan berita buruk memang bukan hal yang mudah, bak memutuskan harapan hidup yang selama ini diagungkan orang. Reaksi karyawan yang menjadi korban pemecatan pun beragam, ada yang marah, kecewa, tidak terima, putus asa, bahkan ada pula yang memberi respon biasa, bahkan bahagia karena bisa terlepas dari pekerjaan yang mengikatnya bertahun-tahun.
Ryan begitu fasih menghadapi berbagai respon yang diberikan karyawan-karyawan korban pemecatan, bahkan Ryan begitu pandainya memberikan harapan-harapan palsu tentang masa depan kepada karyawan yang begitu putus asa setelah mendapat kabar pemecatan.

Suatu hari karyawan baru di perusahaan tempat Ryan bekerja yang masih fresh graduate bernama Natalie mengguncang dirinya dengan ide fantastisnya. Natalie memberi inovasi memecat karyawan melalui komputer semata, duna menghemat anggaran terutama transportasi perusahaan. Idenya memang terlihat efektif dan efisien namun juga tidak manusiawi. Karena bagaimanapun menghadapi manusia tidak sama dengan menghadapi robot, manusia atau karyawan yang dipecat harus juga diberikan penghargaan atas loyalitasnya yang pernah diberikan kepada perusahaan tempatnya bekerja, dan memecat melalui teknologi komputer terkesan tidak menghargai karyawan.

0 comments:

Post a Comment