19.4.16

RINGKASAN FILM:

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA


UP IN THE AIR (2009)
“Memberhentikan Karyawan Memang Bukanlah
Pekerjaan yang Mudah”


            Film ini cocok untuk HRD atau bagian lain yang tugasnya memecat orang karena kinerja kurang bagus atau karena perusahaan sedang mengalami masa-masa krisis dalam perusahaannya. Film ini sungguh memberikan inspiratif bagi kita, bukan hanya mengenai soal pemecatan karyawan saja akan tetapi juga mengenai bagaimana caranya kita memecat karyawan dan bagaimana mengsiasati karyawan agar mereka yang dipecat tidak mengalami stress atau depresi yang berkelanjutan. Tujuan pemecatan ini menanamkan
pada diri karyawan yang dipecat agar dapat bekerja kebidang lain yang lebih cocok atau membuka usaha agar kebutuhan keluargannya dapat dipenuhi.
            Tokoh utamanya dalam film ini adalah Ryan Bingham (George Clooney)  sang eksekutor dalam suatu perusahaan jasa pemecatan karyawan. Pria ini sangat terkenal di perusahaan dan ketika karyawan dipanggil untuk bertemu dengan Ryan maka mereka langsung emosi dn menanyakan “why?”. Setiap kali Ryan masuk di perusahaan semua karyawan berharap agar namanya tidak dipanggil, hal ini membuat dia seperti orang yang sangat dibenci karyawan.
Apa yang anda rasakan ketika tiba-tiba setelah belasan bahkan puluhan tahun mengabdi pada perusahaan tempat anda bekerja tiba-tiba harus berhenti dari pekerjaan itu. Ryan berpikir bahwa dia tidak ingin agar orang yang dipecat ini depresi dan sebagainya oleh karena itu diakhir wawancara pemecatannya ia memberikan sebuah paket wisata sekaligus seminar yang intinya dipecat bukan akhir dari segalanya karena masih banyak pekerjaan atau peluang yang lebih bagus didepan sana.

            Sebuah film ini banyak pesan moral yang tersimpan dengan teratur. Bagaimana seseorang menghargai pekerjaannya, hidupnya dan orang yang berada disekelilingnya. 

0 comments:

Post a Comment