5.4.16




RINGKASAN ARTIKEL :
KULIAH SAMBIL MAIN SAHAM

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Dulu, ada kesan :
“Dunia saham hanya milik orang-orang yang mapan. Peminat kegiatan transaksi saham juga didominasi kalangan profesional, bukan mahasiswa, apalagi mereka yang masih sekolah”
         
          Namun, seiring berbagai perusahaan kini dunia saham lebih mudah dimasuki, termasuk oleh mahasiswa. Mereka boleh ikut berinvestasi meski jumlahnya sangat kecil. Apalagi, sekarang memantau pergerakan saham bukan perkara susah. Cukup dengan membuka aplikasi di telepon pintar, semua orang dapat memonitor nilai jual dan beli saham perusahaan mana pun.
            Mahasiswa terjun langsung ke dunia saham karena berbagai pertimbangan. Misalnya, mereka ingin belajar tentang pasar saham secara langsung seraya memiliki penghasilan sampingan. Ada juga yang bermimpi menjadi investor besar yang masyhur.
            Bermain saham memang memberikan beberapa keuntungan. Pertama, pemilik saham memperoleh dividen atau pembagian keuntungan dari usaha perusahaan, baik dividen tunai amaupun dividen saham. Kedua, pemilik saham bisa dapat capital gain, yakni selisih dari harga yang naik saat pembelian atau penjualan saham.
            Kegiatan pasar saham dinilai menjanjikan keuntungan lebih besar ketimbang tabungan biasa. Selain itu, dalam tabungan masih ada potongan biaya administrasi.

Berani ambil risiko
            Selain mendapat keuntungan, bermain saham setiap investasi pasti ada kerugian. Kerugian justru sarana untuk belajar lagi harus lebih sabar dan jeli. Dalam melakukan analisi. Bertransaksi jangan dengan perasaan, melainkan dengan analisis yang baik.

Sumber : KOMPAS (Jum’at 18 Maret 2016)

0 comments:

Post a Comment