18.4.16

RINGKASAN ARTIKEL : BEBAN KERJA BERTAMBAH

Beban Kerja Bertambah
Seribu PNS Akan Pensiun dalam Dua Tahun

Wahyu Relisa Ningrum
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Menurut data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sleman, saat ini  total PNS di Pemkab Sleman berjumlah 11.841 orang. Dari data tersebut, di tahun ini sebanyak 506 pegawai akan menjalani masa pensiun. Sedangkan di tahun 2017 pensiunan pegawai mencapai 574 orang.
Iswoyo Hadiwarno selaku Kepala BKD Sleman mengatakan bahwa berkurangnya pegawai karena pensiun tersebut, cukup berpengaruh terhadap pelayanan masyarakat yang diberikan, yaitu proses pelayanan publik menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan oleh beban kerja yang dikerjakan bertambah, yaitu yang seharusnya dikerjakan empat pegawai harus dikerjakan satu pegawai saja. Sehingga kerja PNS kurang optimal. Bahkan seringkali PNS harus pulang melebihi jam kerja normal karena harus menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.
Padahal setiap tahun BKD selalu mengajukan kebutuhan pegawai, yaitu pada tahun ini 1.250 CPNS. Disamping itu, BKD dalam setiap tahunnya menganggarkan untuk rekruitmen CPNS, namun pada pelaksanaannya tergantung pusat.  Menurut Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan bahwa meskipun kebutuhan akan tambahan PNS sangat mendesak namun kewenangan terkait rekruitmen berada di tingkat pemerintah pusat. Terlebih sampai saat ini mencanangkan moratorium pegawai sejak 2011 dan secara syarat sudah masuk untuk melakukan rekruitmen. Dan beliau meminta pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tidak kendur. Karena pelayanan yang tidak optimal mengakibatkan kerugian pada masyarakat.
 

Sumber tulisan : ang, Tribun Jogja, 14 Maret 2016

0 comments:

Post a Comment