6.4.16

PERTAHANKAN PASAR, JARING START-UP DAN UMKM

RINGKASAN ARTIKEL : PERTAHANKAN PASAR, JARING START-UP DAN UMKM

IRNANINGSIH
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

PT. Acer Indonesia tahun ini ingin mempertahankan market share di segmen notebook 2in1. Pada tahun 2015, Acer memimpin pasar di kelas tersebut dengan perolehan market share 80 persen.Keragaman produk menjadi kunci sukses mendominasi segmen ini. Produk acer bisa menyasar semua kalangan. Notebook 2 in 1 ini bisa langsung di pakai sebagai tablet.
Kontribusi Notebook 2in 1 terhadap total penjualan notebook Acer membesar dari 5 persen menjadi 20 persen. Secara bertahap pangsa pasar produk Acer notebook 2in1 membesar dari 20 persen menjadi 80 persen di akhir 2015. Acer mengincar beberapa kalangan tahun ini, di antaranya : Start-up, profesional, eksekutif, maupun pelaku UMKM. Pelaku UMKM di Jatim, menjadi salah satu pasar yang menarik bagi Acer.
Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, jumlah UMKM mencapai 6,8 juta dengan penyerapan tenaga kerja 11,11 juta. Dari angka tersebut, 95,72 persen mengusung gaya kerja mobile. Pihaknya juga gencar mengeluarkan beberapa produk baru tahun ini. "Meskipun begitu, Acer juga tetap berekspansi di notebook Clamshell. Masih ada kalangan yang menggunakan notebook model tersebut seperti pelajar. Apalagi pergeseran pasar ke notebook 2in1 masih butuh waktu sekitar 2 tahunan" Ungkap Head of Product Management Product Marketing Department PT Acer Indonesia Riko Gunawan.


Sumber : Jawa Pos, 16 Maret 2016

0 comments:

Post a Comment