23.4.16

HUTAN LINDUNG DIHARAP JADI HUTAN KONSERVASI

Inda Stella Faubun
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Hutan lindung merupakan area pada suatu wilayah yang secara hukum dilindungi oleh negara untuk melindungi satwa-satwa yang ada dalam hutan tersebut. Permasalahnnya dengan banyak badak yang mati, suaka badak menjadi terancam dan dapat berakibat pada kepunahan. Terlebih lagi jumlah badak yang semakin menurun dan Indonesia merupakan negara satu-satunya di dunia yang memiliki dua jenis badak, yaitu badak Jawa dan badak Sumtera.
            Dalam hal ini. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat terlibat dalam mengupayakan menaikan status hutan lindung menjadi hutan konservasi, untuk dijadikan habitat dari badak. Areal hutan lindung yang akan menjadi hutan konsevasi berada di Kalimantan, tepatnya di Hutan Lindung Kelian Lestari, bekas areal tambang emas PT Kelian Ekuatorial Mining, dan hutan lindung setempat seluas 6.000 hektar.
            Jalan keluar dari permasalahan ini adalah hutan lindung yang akan menjadi hutan konservasi bagi suaka badak harus dipantau dan dicukupi tanaman pakannya, badak juga akan diteliti dan diupayakan perkembangbiakannya. Usaha yang akan dilakukan pemerintah adalah bahwa pemerintah siap menurunkan tim terpadu berisi pakar untuk menginventarisasi dan mendata isi kawasan. Jika secara saintifik mendukung, pemerintah bisa menyiapkan proses peningkatan status menjadi hutan konservasi semacam taman nasinal dan suaka margasatwa.
Sumber:

PRA.(2016).Hutan Lindung Diharap Jadi Hutan Konservasi.Kompas, 11 April 2016.Hal.14

0 comments:

Post a Comment