31.3.16

Ringkasan artikel : Warga Logede Setor Sampah ke Bank Sampah



Ringkasan artikel : Warga Logede Setor Sampah ke Bank Sampah

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan semakin jelas terlihat. Hal ini bisa kita lihat semakin banyaknya bank sampah yang didirikan oleh organisasi masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Seperti yang di lakukan warga Desa Logede Kecamatan , Karangnongko Klaten, puluhan warga mendatangi salah satu rumah pengurus bank sampah dengan membawa karung yang berisi sampah rumah tangga. Keberadaan bank sampah ini merupakan salah satu program di bidang lingkungan. Dengan adanya bank sampah ini diharapkan lingkungan Desa Logede menjadi bersih dan sehat.

Masyarakat turut serta berpartisipasi dalam pengelolaan bank sampah ini dengan cara menjadi nasabah bank sampah. Keberadaan bank sampah harus dikelola dengan baik, sebab selain sebagai salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan, bank sampah juga merupakan salah satu sarana peningkatan perekonomian masyarakat. Bank sampah yang mulai dirintis di daerah Klaten ini sangat disambut antusias oleh warga masyarakat dan mereka tidak sabar untuk menjadi nasabahnya. Kendala dalam merintis dan mendirikan bank sampah salah satunya lahan untk lokasi bank sampah itu sendiri. Untuk sementara pengelola menggunakan halaman rumah pengurus karena sulit untuk mencari lokasi baru.
Program bank sampah ini mendapat apresiasi dari Camat setempat. Program bank sampah sangat bagus sehingga kedepan tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan. Sampah yang tadinya dianggap kotor bisa ditabung dan menghasilkan uang. Diharapkan ke depan bank sampah bisa menyebar di desa-desa lain di kecamatan Klaten dan sekitarnya.

Sumber
Eprilianto, I. (2016). Warga Logede Setor Sampah ke Bank Sampah.Kedaulatan Rakyat, Kamis 31 Maret 2016.

2 comments: