19.3.16

PENGHARGAAN BAGI PAHLAWAN LINGKUNGAN

RINGKASAN ARTIKEL :  PENGHARGAAN BAGI PAHLAWAN LINGKUNGAN
IRNANINGSIH
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA
 




Penghargaan bagi pahlawan lingkungan melanda beberapa daerah di Indonesia. Mulai dari kota besar sampai pelosok kabupaten masalah sampah seolah tak pernah usai. Oleh karena itu, di butuhkan gerakan kecil dari diri sendiri untuk melakukan perubahan besar.
Persoalan tersebut menjadi fokus utama komunitas Batukaras clear.  Komunitas yang peduli akan lingkungan tersebut gencar mengampanyekan harmonisasi antara manusia dan alam. Salah satu gerakannya yaitu Laskar Anti Sampah. Kegiatan sosial yang di laksanakan oleh laskar anti sampah semua bertema lingkungan seperti aksi bersih-bersih pantai. Sepanjang tahun 2015, komunitas tersebut telah melakukan sepuluh kegiatan.Rangkaian kegiatan itu melibatkan banyak peserta baik lokal maupun mancanegara.
Untuk peserta yang getol hadir di tiap acara bersih-bersih, Batu karas clear memberikan penghargaan guna memotivasi peserta agar lebih rajin lagi. Menariknya, para peserta yang paling rajin hanya di berikan hadiah sederhana. Tak ada piala, piagam, ataupun sertifikat. Yang ada hanyalah Sehelai Kantong Belanja Yang Terbuat dari Karung Terigu Bekas.

Sumber : Pikiran Rakyat, 8 Maret 2016

2 comments: