28.3.16

PEREMPUAN TIDAK BOLEH BEKERJA ? SIAPA BILANG WANITA LEMAH?
WANITA JUGA BOLEH TANGGUH SEPERTI HALNYA PRIA

Deliana Vicria Nurachyani
Fakultas Psikologi
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 MINGGU KEDUA :
            Di lain harinya masih di minggu kedua hanya sekedar berkenalan saja, pembicaraan kita tak terlalu berat namun dalam aktu yang singkat. Di sekitar perempatan Timoho dibawah pohon yang rindang sambil memilih koran yang akan saya beli, saya mengobrol sedikit tentang identitas beliau. Setelah saya mengetahui mengenai beliau sempat aku tersentak sejenak, awal perkenalan tersebut saya menilai bahwa ibu ini memang wanita tangguh.
            Ibu Paidi adalah nama beliau, diusianya sekitar 57 tahun ini beliau masih diberi kesehatan dan juga semangatnya berjualan koran yang tak ada rasa malunya sedikitpun dengan pekerjaannya tersebut.
            “ Bojo kulo sampun boten wonten mbak, sampun tilar dunyo 2 taun niki. Sakdereng’e bojo kulo ninggal kulo nggih nyambut ndamel niki sampun ndangu. Aku lali mbak wis pinten tahun. Anak kulo wonten 6 mbak, dados kulo sadean niki nggih boten isin-isin. Namanya juga mencukupi kebutuhan keluarga mbak”, itulah kata beliau.
Jika disimpulkan dalam bahasa Indonesia artinya bahwa Ibu Paidi ini adalah seorang Single Parent, suaminya telah meninggal 2 tahun yang lalu. Sebelum suaminya meninggal, ibu ini sudah berjualan koran. Dengan mencukupi 6 orang anakknya beliau tidak patah semangat dan juga tidak malu dalam mencari kebutuhan keluargannya. Inilah yang sangat menyetuh hati saya, akan perjuangan beliau selama ini.
            Beliau juga sempat berkata bahwa Ibu Paidi adalah seorang perantau. Ibu Paidi dan juga suaminya sama-sama orang Klaten yang merantau di kota Yogyakarta.  Bagaimana kisahnya ibu Paidi bisa ada di Kota Yogyakarta? Kita lihat di minggu ketiga ya, mau saya tuangkan sekalian di minggu pertama critanya masih bersambung. Walaupun saya telah mewawancarai ibu Paidi saat ini telah memasuki minggu ke-tiga namun ibu ini selalu menceritakan kisahnya bersambung-sambung membuat saya penasaran. ^_^


0 comments:

Post a Comment