8.1.16

RINGKASAN ARTIKEL: BPBD Pati Waspadai Badai El Nino



RINGKASAN ARTIKEL: BPBD Pati Waspadai Badai El Nino
Chusnul Rizatul Unsha
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati terus meminta bantuan BMKG agar senantiasa mengirim informasi agar senantiasa mengirim informasi perkembangan cuaca di Pati. Hal tersebut terkait kemungkinan terjadinya badai El Nino dan mengatasinya. Pasalnya cuaca yang tiba-tiba berubah menjadi ekstrem mengakibatkan dua kali kejadian bencana banjir dalam kurun waktu sepekan.

Tiga kecamatan yang masih berpotensi terjadi banjir bandang adalah Sukolilo, Kayen, dan Gabus. Berdasarkan informasi dari BMKG, sebenarnya pada awal bulan Desember termasuk kategori permulaan musim penghujan. Namun yang terjadi justru cuaca ekstrem.

Pada hari selasa (8/12) terjadi banjir bandang yang menerjang Desa Pakem dan Desa dan Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo, banjir disertai angin kencang yang menghantam rumah warga. Puluhan rumah roboh dan ribuan pohon tumbang mengakibatkan Desa Plosokerep terisolir.
Bencana yang sama terjadi kembali pada (12/12). Bahkan gulungan air bah menggulung rumah warga. Sisa air bah menutup akses jalan Pati-Purwodadi sehingga mengganggu karena terjadi tumpukan lumpur.

Meskipun tidak ada korban jiwa akibat banjir yang mencapai ketinggian 70 centimeter itu. Namun dipastikan keadaan infrastruktur di desa desa tersebut menjadi rusak parah. Banyak warga yang kehilangan perbot rumah tangga akibat terbawa arus banjir.

Apa sumbangan artikel tersebut terhadap psikologi lingkungan ? Artikel tersebut memberikan informasi dampak El Nino sesungguhnya yang telah terjadi di Pati. Sehingga pembaca bisa memahami efek besar dari bencana ini. Banyak faktor yang menyebabkan bencana yang memiliki nama keren ini. Diantaranya yaitu kebakaran hutan yang sedang merajalela di Indonesia. Sudah seharusnya kita menjaga lingkungan agar lingkungan tidak berimbas bencana kepada kelangsungan hidup manusia.


Sumber tulisan:
cuk. (2015). BPBD Pati Waspadai Badai El Nino . Kedaulatan Rakyat , 14 Desember

0 comments:

Post a Comment