10.1.16

Softskill dan Keaktifan Bekal untuk Masa Depan Lebih Baik


Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Universitas Proklamasi 45 memang bukan merupakan salah satu kampus bergengsi di Kota Yogyakarta, tetapi banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil setelah mengeyam pendidikan disini. Salah satunya yaitu mahasiswa dituntut untuk aktif dalam segala hal, baik masalah perkuliahaan maupun non kuliah. Dimana tanpa keaktifan,  mahasiswa akan kehilangan banyak sekali informasi dan kesempatan. Keaktifan mahasiswa sebenarnya tidak hanya berlaku di Perguruan Tinggi Swasta tetapi juga Perguruan Tinggi Negeri, yang mana di PTN mahasiswa dituntut aktif agar dikenal dosen karena jumlah mahasiswanya yang beratus-ratus sehingga hanya mahasiswa aktif sajalah yang akan mempunyai peluang besar memperoleh prestasi akademik yang bagus. Sementara di PTS selain sebagai sarana untuk lebih dikenal dosen yang mungkin bisa berimbas pada nilai juga sebagai softskiil yang bisa menjadi nilai tambah saat menghadapi dunia kerja kelak. 

Tuntutan menjadi mahasiswa yang aktif ini benar-benar saya rasakan di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, yang mana saya harus mengerjakan tugas dari setiap mata kuliah yang ada, mengikuti berbagai lomba, ikut seminar-seminar, melakukan kegiatan sosial, praktikum dan menyusun laporan serta menyusun kliping dengan kreatif  yang nantinya akan dipublikasikan di Blog Move On. Saya pernah merasakan imbas dari tidak aktifnya di perkuliahan yaitu nilai IP saya menurun drastis saat semester 3 dan saya kehilangan banyak sekali informasi yang penting selama semester ini.  Waktu itu semangat saya mulai menurun saat kuliah sehingga saya jarang masuk kuliah dan tidak aktif lagi di kampus, imbasnya saat akhir semester nilai IP saya melonjak turun. Sementara untuk asahan softskill yang saya dapatkan di Universitas Proklamasi 45 bidang non akademis berupa aktif berorganisasi, seperti ikut serta menjadi pengurus salah satu Himpunan Mahasiswa,  menjadi panitia OSPEK tahun ajaran 2014/2015, mengikuti  IAYP (International Award for Young People), menjadi panitia kegiatan yang diadakan oleh HMPSI, dll. 


Mengingat tahun 2015 sudah mulai diberlakukan MEA  tentunya mahasiswa juga harus mempunyai amunisi untuk menghadapi tantangan besar ini, yang mana bukan hanya bagusnya prestasi akademik (IP >3,50) saja yang dipertimbangkan melainkan juga softskill yang dimiliki. Kemampuan ini meliputi kepemimpinan, kerjasama tim, penyelesaian masalah, kreatifitas, kemampuan bahasa asing, dan lain sebagainya. Satu pelajaran penting lainnya yang saya dapatkan di Universitas Proklamasi 45  bahwa bukan terkenal atau tidaknya kampusmu dimata masyarakat luas yang menentukan keberhasilanmu, melainkan seberapa nilai dirimu sehingga bisa menciptakan peluang dan mampu bersaing dengan mahasiswa lain (khususnya mahasiswa dari kampus ternama). Dimana hal ini tentunya juga tidak terlepas dari keharusan memiliki softskill yang mumpuni, prestasi akademik yang bagus, dan semangat yang tinggi dalam mencapai suatu tujuan.

 Berikut daftar prestasi yang saya miliki beserta buktinya:
1) 24 Mei 2014 menjadi Pemakalah Call for Paper  yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam Seminar Nasional Psikometri-Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter yang Valid dengan judul “Pendidikan Karakter Pada Mahasiswa:Memberi Suri Tauladan Terhadap Dosen”


2) 21 Juni  2014 menjadi Pemakalah Call for Paper yang diadakan oleh UTY dalam Seminar Nasional Konversi Teknologi dan Budaya Ciptakan Pendidik Profesional dan Berakhlak Mulia dengan judul “Membersihkan jamban asrama: Strategi penempaan karakter”.


3) Volunter di KUPASIANA (http://kupasiana.psikologiup45.com/) tahun 2013





dll

4) September 2014 – Agustus 2015
Bea siswa BBM
5) Agustus 2015- Agustus 2016
Bea siswa BBM - No. 025/SK.Rek/UP/III/2015
6) 27 Maret 2014 memperoleh penghargaan IAYP level Bronze


7) 8 Januari 2015 memperoleh penghargaan IAYP level Silver


8) Peserta Lomba Esai Nasional Membangun Generasi Muda Berjati Diri Indonesia yang diselenggarakan oleh Fak. Filsafat UGM Yogyakarta. Judul tulisan “Pengaplikasian Sila Pertama Pancasila di Era Globalisasi”.
9) 28 November 2015 menjadi Peserta Lomba Debat Mahasiswa “Aspirasi Untuk Negeri se-DIY” yang diadakan oleh KOPMA UP45 & LPAN DIY

10)Peserta IAYP Level Emas tanggal 22 November 2015 – sekarang




1 comment:

  1. Haloo mb Juni...
    Sudah lama saya ngefens sama mb juni dan sekarang makin kagum. Saya tertarik dengan IAYP dan untuk waktu dekat ini berencana untuk mengikuti IAYP. Kapan kapan kalau ketemu share donk mb tentang IAYP karena saya dengar tdk mudah untuk menjalaninya...
    Oh iya terimakasih juga untuk tulisanya yang begitu memotivasi. Salam... :D :D

    ReplyDelete