12.1.16

SIKAP DISIPLIN ADALAH INVESTASI MASA DEPAN YANG CERAH


SIKAP DISIPLIN ADALAH INVESTASI MASA DEPAN YANG CERAH

Murjiwantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Dalam merealisasikan pendidikan di Fakultas Psikologi UP 45 saya memiliki definisi bahwa masa depan bergantung pada apa yang kita lakukan hari ini, jika kita memupuk hal – hal bermanfaan dengan membangun kesuksesan – kesuksesan kecil hari ini, sesungguhnya itu adalah bekal untuk nanti. Begitu pula sebaliknya, mulailah melakukan satu langkah baik mulai sekarang, dan seterusnya, maka dengan begitu sesungguhnya kita sedang menyusun kesuksesan di masa depan kita. Meskipun selalu dipandang sebelah mata oleh salah satu dosen, karena yang diperhatikan hanyalah mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang mengikuti program – program yang di rilis oleh dosen tersebut. Tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi saya untuk terus berjuang dalam menimba ilmu di Fakultas Psikologi. Meskipun saya dipandang sebelah mata oleh dosen tersebut, tetapi saya selalu patuh atas perintahnya, dalam hal disiplin mengerjakan tugas dan tingkat presentasi kehadiran selalu saya prioritaskan. kurangnya berprestasi bukan hanya di sebabkan oleh faktor kemampuan. Namun bisa juga diakibatkan karena tidak adanya kedisiplinan.

Disiplin adalah suatu sikap dan perilaku dalam mematuhi segala aturan dalam bertingkah laku. Disiplin merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Dengan disiplin kita dapat lebih teratur dan menjadi orang yang taat aturan. Disiplin mungkin menjadi momok untuk diri kita yang tidak terbiasa berprilaku disiplin. Ada  banyak manfaat jika diri kita terbiasa berdisiplin contohnya saja. Kehidupan kita akan lebih teratur, kebersihan terjaga, dan semua kegiatan kita akan lebih terarah. Terutama bagi kita para mahasiswa haruslah selalu bersikap disiplin agar menjadi mahasiswa yang teladan dan patut menjadi contoh. Disiplin menurut saya harus sudah dimulai ketika kita masih kanak-kanak. Orang tua saya selalu melatih agar saya berplilaku disiplin. Ketika saya dulu masuk ke bangku SD hingga SMA orang tua saya selalu mengajarkan banyak hal kedisiplinan. Contohnya disiplin hal kecil yaitu pulang tepat waktu ke rumah, belajar, sholat lima waktu dan banyak hal-hal lainnya yang mencontohkan perilaku disiplin. Tidak hanya disiplin saja yang perlu kita terapkan pada diri kita. Kita juga butuh sikap keteladanan. Teladan menurut saya adalah sikap atau panutan yang menjadikan patokan pada diri seseorang. Saya adalah mahasiswa, teladan saya adalah para dosen dan kakak tingkat saya yang mendapatkan IPK terbaik. Dengan begitu saya akan termotifasi untuk menteladani kakak tingkat saya yang rajin dan tentunya saya akan berusaha keras agar menjadi mahasiswa yang berprestasi agar tidak dipandang sebelah mata oleh dosen yang sudah memandang saya dengan sebelah mata. 


Berikut adalah daftar prestasi saya dan bukti-buktinya         :

NO
Judul
Label
Foto/Scan
1.
12 Agus 2015
KATEGORI 50 BESAR ESAI TERBAIK Lomba Esai tingkat Nasional dengan judul “Memaknai Pendidikan Nasionalisme Di Indonesia”. Penyelenggara Kerjasama Forkafmi, Sinergi Bangsa, dan Fakultas Filsafat UGM, dengan tema “Membangun Generasi Muda Berjati Diri ke-Indonesia-an”.

LOMBA





2.
19 Sept 2015
Menjadi Peserta Seminar Nasional
“Strategi Penguatan Peran Pancasila dalam Dunia Pendidikan” Kerjasama Forkafmi, Sinergi Bangsa, dan Fakultas Filsafat UGM
SEMINAR NASIONAL



3.
15 Sept 2015
Menjadi nara sumber radio EMC dengan tema : “Pentingnya ketrampilan menulis dalam meniti karir”.
NARA SUMBER RADIO EMC



4.
7 Des 2015
Menjadi Peserta Seminar Nasional
“Pangan Ketahanan Nasional dan Kesejahteraan Rakyat”
Fakultas Pertanian
UGM
SEMINAR NASIONAL
































0 comments:

Post a Comment