12.1.16

ESSAY: SEMESTER TIGA SAMA DENGAN REMAJA



Sri Mulyaningsih
Fakultas Psikologi Universitas '45
Remaja dalam tahap perkembangan merupakan masa dimana individu dihadapkan dalam berbagai persoalan kehidupan. Dimana krisis identitas dan kegalauan lainnya seperti datang bertubi – tubi. Berada pada jenjang Semester 3 ini seperti saya berada pada masa remaja yang tak kunjung usai.
Pemaksaan yang memang menjadi kewajiban harus saya laksanakan. Tugas demi tugas dari dosen membuat semakin lengkap badai yang menerpa badan. Beban pekerjaan dari kantor pun juga menambah sempurna penderitaan.
Masa yang bergejolak. Memang benar, gejolak hati untuk menolak semua tanggungjawab itu seperti tertahan di kerongkongan. Menimbang baik dan buruk yang akan saya dapatkan ketika keputusan penolakan itu saya lontarkan. Konsekuensi nilai menjadi taruhan, dimana saya harus membuktikan beasiswa yang saya terima itu layak untuk saya. Bergulat dengan hati memutuskan tetap harus mengerjakan apa yang diperintahkan dosen, dan membagi kepala menjadi dua belahan untuk separuhnya memikirkan tanggungjawab kantor.
Setiap remaja pasti ada saja hal yang tidak disuka, sama seperti pada semester tiga ini. Meringkas. Hal sepele yang ternyata tak sesepele yang terfikirkan. Ada beberapa yang harus diperhatikan. Meringkas skripsi yang akan diterbitkan menjadi jurnal bukan perkara yang mudah. Tertunda dan banyak yang masih perlu pembenahan. Hati merasa kecewa, ternyata hasil itupun belum mampu memuaskan dosen. Coret sana coret sini, dan berakhir putus asa. Namun, hikmah yang saya dapatkan, saya mengerti beberapa istilah dalam penyusunan skripsi. Variable, validitas, reliabilitas, hipotesis, pengujian, dll. Itu yang diinginkan dosen ternyata, sebuah pemahaman yang kita dapat dari berlatih, seperti menyelesaikan soal matematika kesukaan saya. Berlatih membuat kita paham dan mampu.
Masa berprestasi. Bisa dibilang banyak yang saya dapat semasa menyelesaikan semester tiga ini. Mimpi siaran di Radio semasa kecil, terlaksana di semester ini. Bahkan dua chanel radio bergantian, luar biasa, merasa bangga, berkat kesempatan dari dosen pula. Beberapa yang saya lalui yang mungkin bisa dibilang prestasi tersebut terangkum disini:

No
Nama Kegiatan
Uraian
Bukti Real
1
22 Ap2015
Menjadi nara sumber di RRI dengan tema “Kartini dan kemajuan oalh raga perempuan Indonesia”.





2
Ag 2015-Ag 2016
Bea siswa PPA - No025/SK.Rek/UP/III/2015



3
Ag 2015
Peserta Lomba Esai Nasional Membangun Generasi Muda Berjati Diri Indonesia yang diselenggarakan oleh Fak. Filsafat UGM Yogyakarta. Judul  tulisan “Pendidikan Nasionalisme Melalui Penanaman Tri Satya dan Dhasadarma”.

4
27 September 2015
Sebagai Konsultant Remaja pada “Pelayanan Kesehatan Remaja / POSYANDU REMAJA” yang diadakan salah satu ormas di daerah Wirobrajan

5
23 September 2015
Narasumber di RRI Pro 1 dengan tema Bullying dengan Chusnul R. Unsha dan dosen FX Wahyu Widiantoro




 


6
29 September 2015
Menjadi Pemateri pada Mimbar Akademik Fakultas Psikologi UP 45, dengan judul “Strategi Mengoptimalkan Kerja Otak dan Emosi Positif dalam Berkarir” bersama Chusnul R. Unsha.



7
25 Oktober 2015
Moderator Seminar se kota Jogja dengan tema : “Remaja Mengajar Why Not”
Bersama Tri Welas Asih dan Tri Mey Wulandari


8
24 November 2015
Peserta Seminar Internasional di UGM dengan judul “Implementasi Tri Sakti dan Saemaul Undong”









9
16 Desember 2015
Narasumber di RRI dengan tema “Mendampingi anak saat Ujian”




















0 comments:

Post a Comment