12.1.16

Ringkasan Artikel Be Fun Itu Rahasianya



Sri Mulyaningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menjadi a productive worker, merupakan dambaan semua pekerja. Kenapa tidak, karena menjadi pekerja yang produktif dalam sebuah lingkungan kerja akan dapat meningkatkan kepercayaan management pada diri kita. Pujian akan selalu mampir kepada diri yang produktif bukan yang pasif. Diri yang produktif juga akan memicu keloyalan dan ketahanan terhadap pekerjaan, dimana SDM yang produktif akan cenderung lebih lama bertahan dalam sebuah organisasi kerja. Capaian – capaian ini lah yang dicari SDM, sehingga berlomba-lomba menjadi diri yang produktif.

Penulis mengutip 13 langkah yang dapat dilakukan pekerja, agar selalu produktif dalam bekerja. 1. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi diri dan menjadi cita-cita selama ini. 2. Mensyukuri semua tugas yang diberikan. 3. Selalu mengingat jika diatas atasan kita masih ada ATASAN yang lain yaitu, Tuhan YME. 4.  Kuasai pekerjaan dan tugas – tugas yang diberikan. 5. Menciptakan hubungan baik dengan rekan kerja. Sehingga menguasai informasi-informasi terbaru. 6. Tidak korupsi waktu, berangkat lebih awal, pulang tepat waktu. 7. Buat schedule kerja lengkap dengan tanggal deadline. 8. Mengambil keputusan dengan bijaksana, dengan meminta Ridho-Nya. 9. Mencari informasi yang dibutuhkan dalam penyelesaian pekerjaan dengan tepat, dan kepada ahlinya. 10. Niatkan bekerja untuk menjadi yang terbaik. 11. Mengendalikan emosi dengan seimbang (EQ & SQ). 12. Bekerja melebihi harapan. 13. Belajar menjadi seorang yang pemberi. (Stanley Baldwin : Secrets of Spirituality At Workplace).
Ketigabelas langkah ini, dapat diterapkan pada diri pekerja dimana pun organisasinya dan setiap saat selama mengemban amanah sebuah pekerjaan. Apabila ketigabelas ini dilakukan, kita akan merasa FUN dan Mencintai sebuah pekerjaan. Jika sudah demikian secara otomatis bertahan dan loyal pada organisasi tak dapat terpungkiri.

Sumber : Magdalena Sukartono, Be Fun ! Itulah Rahasianya,  Kedaulatan Rakyat, 22 April 2015, Hal : 13






0 comments:

Post a Comment