8.1.16

Perlu Inovasi Baru Kegiatan Pramuka
Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Sebanyak 360 siswa smk taman karya madya taman siswa kabupaten purworejo, dilantik menjadi Pramuka Saka Wira Kartika. Para pramuka ini sekaligus alih golongan dari penggalang menjadi penegak.
Pelantikan dilakukan komandan kodim (Dandim) 0708 Purworejo Letkol CZI Tommy Arief Susanto selaku kamabisaka, pada masa perkemahan dilapangan kecamatan Bener Purworejo.
Tommy mengaku jika generasi muda sekarang sepertinya sudah mulai tidak tertarik dengan pramuka, bahkan sebagian di antara menganggap kuno.
            Padahal kegiatan pramuka mengandung nilai-nilai pendidikan luhur dan mampu membangun watak kepribadian menjadi manusia yang selalu riang, disiplin, dan berjiwa sosial.
Pramuka merupakan pendidikan diluar kelas yang mengandung banyak nilai pendidikan, disamping itu dalam diri pramuka juga ditanamkan jiwa yang bertanggung jawab, jujur dan cinta lingkungan.
 Dengan kondisi seperti ini perlu adanya kreativitas dan inovasi dalam setiap kegiatan pramuka, salah satunya bentuk permainan dalam pendidikan perlu diubah, atau menambah sesuatu hal yang baru dikenal dengan acuan kegiatan positif. sehingga membuat mereka semakin senang dan bersemangat, sehingga pramuka tidak monoton.

            Sumber : kedaulatan Rakyat, Kamis Pahing 10 September 2015

0 comments:

Post a Comment