11.1.16

Pentingnya Struktur Organisasi dan Restrukturisasi.




Oleh: Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

            Dalam suatu organisasi, apapun budayanya struktur diperlukkan untuk mangatur korelasi antar unit kerja atau individu di dalamnya. Struktur melahirkan ‘komandan-komandan’ yang membawahkan unit kerja direktorat, divisi, group, atau satuan kerja lainnya. Struktur didorong untuk membentuk efisiensi dalam koordinasi kerja. Orang yang pekerjaannya serumpun disatukan dalam satu kelompok sehingga lebih mudah mencapai tujuan bersama. Struktur organisasi tidak selalu efektif dan efisien. Banyak organisasi yang gagal dalam merealisasi kinerja mereka karena kesalahan dalam desain struktur. Upaya restrukturisasi juga sering kurang berhasil karena gagal melihat akar permasalahan secara utuh.

            Ada delapan tes yang dapat dilakukan dalam restruturisasi untuk memastikkan bahwa akar permasalahan struktur benar-benar ditangani. Salah satunya tes strategy aligment. Tes ini menilai seberapa baiknya struktur saat ini telah mengakomodasi strategi perusahaan dalam memberikkan nilai tambah kepada pelanggan. Tes Clarity of integration and differentiation merupakan tes seberapa baiknya pengelompokkan beragam aktifitas (diferensiasi) organisasi untuk mencapai efisiensi dari spesialisasi dan tetap terintegrasi dengan baik melalui mekanisme koordinasi yang efektif.
Adapun, tes people readiness adalah salah satu tes yang menjadi akar permasalahan di Indonesia. Tes ini mengukur seberapa baiknya pemenuhan kompetensi, baik kualitas maupun kuantitas, dari pemegang jabatan dalam struktur organisasi. Berbagai tes lain masih dapat dilakukan: process and responsibilities, execution excellence culture readiness, agile capability, dan regulatory and govermence compliance. Semua tes ini bertujuan memastikkan restrukturisasi tidak hanya menyentuh symptom, tetapi juga menangani akar permasalahan dari penyakit organisasi yang muncul. Kadang dengan menangani akar permasalahan, restrukturisasi bahkan bisa dihindarkan.

Daftar Pustaka:
Luis, S. (2015). Che Guevara dan Struktur Organisasi: Kompas, sabtu 19 september 2015 hal 33

0 comments:

Post a Comment