6.1.16

Pelatihan Penulisan Artikel



Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.
Teknis Menulis Artikel
Artikel mempunyai dua arti:
(1) barang, benda, pasal dalam undang- undang dasar atau anggaran dasar;
(2) karangan, tulisan yang ada dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya. Tetapi, kita akan lebih jelas lagi dengan penguraian Webster`s Dictionary yang mengartikan bahwa artikel adalah a literary compositon in a journal (suatu komposisi atau susunan tulisan dalam sebuah jurnal atau penerbitan atau media massa).
Artikel Terkait
·         Penginjilan Lewat Fiksi
·         Proses Kreatif Menulis Novel

Artikel ilmiah teologis adalah tentang :  
A. Lahan Kerja Artikel Ilmiah Populer Teologis
B. Perangkat yang Dibutuhkan
banyak perangkat yang kita butuhkan sebagai berikut:
1. Perangkat Dasar
  Penguasaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
 Penguasaan editing.
  Penguasaan komputer meski hanya program WS atau Word.
  Penguasaan dasar biblika yang harus ditopang dengan sedikit bisa menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sedikit memparsing bahasa Ibrani dan Yunani. Lalu diperdalam dengan eksegeses PL atau eksegeses PB tergantung kebutuhan.
2. Perangkat Peningkat
  Mampu mengembangkan ide-ide yang sedang menjadi persoalan aktual di tengah masyarakat.
  Mampu menerjemahkan nilai-nilai firman Allah ke dalam bahasa yang sangat populer dan halus.
  Mampu menganalisis sebuah artikel yang bisa dimuat di media massa satu dengan yang lain. Di sini perlu terjadi dialog antara redaktur artikel di media massa tersebut dan seorang penulis.
  Banyak membaca dan mencari referensi untuk artikel yang sedang ditulisnya. Tentu saja bahan yang dicari dan dibaca berkaitan dengan temanya.
  Mengadakan penelitian baik penelitian singkat maupun secara detail terhadap masalah yang sedang ditulisnya, sehingga bobot akademisnya tampak jelas.
C. Berlatih Terus-menerus
"Tak ada sesuatu yang berarti datang dengan mudah. Separo usaha tidak berarti memberikan separo hasil, atau bahkan tidak memberikan hasil sama sekali. Bekerja, bekerja terus, dan bekerja keras merupakan satu-satunya untuk memperoleh hasil pada akhirnya."
-Hamilton Holt
"Jika sesuatu dilakukan dengan upaya kerja keras dan bukannya dengan bakat, maka itu merupakan kemungkinan pengganti yang paling baik."
-James A. Garfield
D. Orentasi pada Publikasi
Kalau seseorang hendak membuat artikel, alangkah baiknya diorentasikan untuk dipublikasikan di sebuah media massa.
E. Menguji Artikel dalam Lomba-lomba
Salah satu hal untuk mengenal karakter artikel yang dimuat di media massa atau dianggap berkualitas, seseorang jangan ketinggalan untuk tidak memperhatikan artikel-artikel juara lomba.

Sumber : LAU . (2015) . Pelatihan Penulisan Artikel Bersama Kompas . 10 Oktober . Hal 41

0 comments:

Post a Comment