8.1.16

Minta bantuan kementrian
Banyumas kembangkan padi hazton
Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
               
Pemkab Banyumas berencana akan mengembangkan padi dengan metode hazton, yang diprakasari oleh kantor Bank Indonesia Purwokerto. Karena dalam prakteknya hasilnya lebih banyak dari pada penanaman dengan metode biasa atau konvesional.
            Bupati Banyumas Achmad Husein akan meminta bantuan kementrian pertanian untuk program penanaman padi seribu hektar untuk mencoba penanaman metode hazton. Meski tidak semua tanah di Banyumas cocok dengan penanaman padi metode hazton, untuk itu Pemkab Banyumas meminta bantuan kementrian untuk percobaan penanaman padi metode hazton sebanyak 1.000 hektar, jika berhasil di semua tanah banyumas, maka untuk penanaman berikutnya akan dibiayai dengan APBD Banyumas.
Penanaman padi metode hazton paling berhasil di Kalimantan Barat, dalam satu hektar bisa mencapai 15 ton padi. Keberhasilan tersebut dipengaruhi oleh struktur tanah. Berkaitan dengan keinginan Pemkab Banyumas untuk mencoba penanaman padi menggunakan metode hazton sebanyak 1.000 hektar dengan biaya dari kementrian ia akan meresponnya dan menunggu proposal dari Pemkab Banyumas.
Sumber : Kedaulatan Rakyat, Sabtu Kliwon, 29 Agustus 2015, Hal 13             


0 comments:

Post a Comment