11.1.16

Ringkasan Artikel: Menjual Semanggi Lewat Daring




Oleh Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
 Yogyakarta

            Aminah(32) menjajakkan semanggi, makanan tradisional lokal Surabaya, Jawa Timur di Daring. Inovasi yang dilakukan Aminah ini membuat ia tidak perlu lagi menggunakan bakul tetapi telunjuk layar sentuh telepon pintar yang akan melayani pelanggan.
Aminah menjual semanggi ini di situs www.olx.co.id dan www.bukalapak.com. Aminah mengenal yang mengaku asing dengan internet baru pertamakali mengenal daring setelah terjun dalam program pengembangan wirausaha Pahlawan Ekonomi. Program ini adalah program peningkatan ekonomi masyarakat yang diadakan Pemerintah Kota Surabaya yang memperoleh dukungan penuh dari PT. HM Sampoerna melalui pusat pelatihan Kewirausahaan Sampoerna.

            Aminah mengikuti program pahlawan ekonomi sejak tahun 2010. Berkat pelatihan yang diterimanya, Aminah berinovasi agar makanan semanggi dapat dibawa dan disimpan pelanggan lebih mudah, salah satu caranya dengan mengeringkan daun semanggi. Dengan dikeringkan, daun semanggi dapat disimpan setidaknya sampai seminggu dan direbus jika akan disantap. Pengeringan daun semanggi cukup dilakukan dengan dijemur di bawah sinar matahari. Agar aroma daunnya tak berubah, setelah dipetik, helai-helai daun semanggi itu harus langsung dijemur.
            Aminah mengakui memasarkan semanggi di daring ada sedikit paksaan dari program pelatihan di pahlawan ekonomi. Apalagi saat itu, dia masih gagap dengan dunia daring. Namun akhirnya, dengan tekun usaha itu dijalaninya dengan bantuan Sang Suami dan juga anak sulungnya dalam hal memeriksa dan merespon pesanan yang masuk lewat daring.
            Aminah membagi beberapa macam paket semanggi yaitu paket siap santap dengan dedaunan lengkap dan paket yang mudah disimpan dengan semanggi kering. Untuk paket siap santap, Aminah hanya melayani pemesanan minimal 100 porsi dijual seharga Rp. 10.000 Untuk paket yang mudah disimpan, seharga Rp. 25. 0000 untuk setiap porsi dan 75. 000 untuk 10 porsi. Biaya itu sudah termasuk biaya antar ke rumah. Dengan menjajakan semanggi ini, kini Aminah memiliki dua mobil.

Daftar Pustaka:
Nusrat, M. (2015). Menjajakan Makanan Bakul di Daring: Kompas, sabtu 19 september 2015 hal 16

0 comments:

Post a Comment