8.1.16

Lala Kembangkan Tanaman Langka
Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
                Muhammad Kartika Zuhala pemuda berusia 35 tahun ini berhasil menanam tanaman subtropis di Indonesia ini yang beriklim tropis. Tanaman yang dikembangkan oleh lala tersebut bermacam-macam, saat ini ada puluhan polybag tanaman blueberry, chery belanda, black sapote atau white sapote itu jenis tanaman yang tumbuh di iklim subtropis.
            Semua tanaman itu tidak datang dalam bentuk tanaman muda atau pohon indukan, lala menangkarnya dari biji yang diambil dari buah segar, lala memperoleh biji tersebut dari temannya yang berkunjung kesejumlah Negara, lala meminta bijinya dan dikembangkan dipurworejo.
            Cara penangkarannya lala menggunakan media tanah sawah, pupuk kompos, dan disemai dalam polybag, ph dan keasaman tanah dan kelembapan air perlu diperhatikan. Tanah terlalu asam atau basa pertumbuhan tanaman terganggu.
Lala tidak hanya menangkar tanaman negeri seberang saja, sejumlah spesies lokal pun ia kembangkan.
Ribuan bibit bintoro, kosambi, pronojiwo, sapu tangan, sepatudia, buah nona, buah mentega, gayam timoho, rasamala, mentru, kepel, mundu, kemiri serta beberapa sepesies lainnya terdapat dikebun penangkaran dikelurahan sindurjan, desa seren gebang dan kiyangkongrejo kutoarjo.
 Menangkar hingga ratusan jenis tanaman bukan perkara mudah, kalau dihitung secara ekonomi tidak begitu menguntungkan, pasalnya pertumbuhannya yang lama dan jarang pembelinya.
Sumber : Kedaulatan Rakyat, Jum’at Kliwon 18 Agustus 2015, Hal 13

0 comments:

Post a Comment