11.1.16

Keterbukaan Perbaikan Kurikulum 2013




Oleh: Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

                Selama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah melibatkan publik dalam perubahan kurikulum 2013 tetapi tidak ada proses terbuka. Hendaknya, perbaikan kurikulum 2013 ini dipaparkan pada masyarakat seperti melalui situs. Ketika masyarakat ingin dilibatkan dalam memberikan masukan, seharusnya masyarakat bisa melihat terlebih dahulu perubahan dokumen yang sudah diperbaiki. Jadi, buku-buku sebaiknya jangan dicetak terlebih dahulu.
            Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Anies Baswedan sendiri menjelaskan, pihaknya telah selesai mengevaluasi kurikulum 2013 (k13) dan hasilnya akan segera dipublikasikan. Perbaikan meliputi pendadaran ide kurikulum baru, perancangan dan penulisan dokumen, serta penerapannya. Guru-guru pun akan dilatih dulu sebelum melaksanakan kurikulum baru.

            Sekolah yang merasa siap boleh menjalankan kurikulum nasional ini, tetapi harus diverifikasi terlebih dahulu oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Anies berjanji akan konsisten menerapkan kurikulum nasional yang baru secara bertahap sampai menjadi 100 persen pada tahun 2019/2020.

Daftar Pustaka:

Luk. (2015). Buka Perbaikan Kurikulum 2013: Kompas, senin 4 januari 2015 hal 11

0 comments:

Post a Comment