12.1.16

KERJA KERAS MENCAPAI PRESTASI



KERJA KERAS MENCAPAI  PRESTASI

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Bekerja sambil kuliah ternyata bukanlah hal yang mudah. Untuk menyeimbangkan keduanya saya harus pandai membagi waktu dan kegiatan. Saya tidak bisa mengalahkan salah satu,apakah pekerjaan yang saya utamakan ataukah kuliah yang saya prioritaskan. Karena dari awal motivasi saya kuliah adalah ingin mendapatkan ilmu dan menambah pengetahuan, maka saya berusaha mencapai cita-cita  tersebut sampai tercapai. Beberapa keuntungan ketika saya kuliah sambil bekerja adalah saya bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan di kampus langsung pada pekerjaan saya. Tetapi tidak selamanya kuliah dan kerja bisa berjalan seimbang. Kadang kita harus mengorbankan salah satu apabila antara kerja dan kuliah bersamaan waktunya.

Selain masalah waktu ,banyak masalah lain yang harus saya hadapi untuk mencapai kuliah dan kerja yang maksimal. Masalah dari lingkungan sekitar kadang menuntut saya untuk menjadikannya sebagai motivasi terbesar untuk lebih berusaha mewujudkan cita – cita saya. Terkadang saat masalah muncul ingin rasanya saya berhenti untuk mengalah dan tidak melanjutkan lagi cita-cita saya. Tetapi saya selalu ingat  bahwa jika ingin menjadi seorang yang sukses maka perlu proses yang panjang dan sulit. Saya semakin yakin bahwa masalah itu merupakan salah satu proses yang harus saya lewati dan menjadikannya sebagai tantangan yang harus saya lewati. Tugas kuliah  yang menumpuk dan pekerjaan yang bermacam-macam semakin menjadikan saya untuk bisa menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut, dan lebih menghargai waktu. Banyaknya tugas tidak membatasi saya untuk melakukan hal-hal lain yang bernilai positif dan menambah pengalaman bagi saya.
Saat orang tua dan keluarga memberi dukungan yang besar, hal ini semakin menguatkan saya untuk menjadi yang terbaik dan berusaha membuktikan pada mereka bahwa saya bisa sukses dan berhasil dengan semua yang saya jalani. Saya lebih memilih memenangkan cita-cita saya meskipun banyak hambatan yang harus saya lalui demi tercapainya cita-cita saya. Semua proses ini akan menjadikan saya menjadi lebih baik bahkan menjadi yang terbaik. Karena sebuah prestasi tidak akan datang begitu saja, harus dengan melalui perjuangan dan usaha yang keras.

Berikut daftar prestasi saya dan bukti-buktinya
1)    29 April 2015: Menjadi narasumber di RRI dengan tema Splash After School


2)    12 September 2015 : Peserta lomba Esai tingkat Nasional dengan tema Membangun Generasi Muda Berjati Diri ke-Indonesia-an


3)    15 September 2015: menjadi narasumber di EMC dengan tema Pentingnya Keterampilan Menulis dalam meniti Karir


4)    7 Okt 2015 : Narasumber di RRI dengan tema Keseimbangan Emosi dalam Meniti Karir


5)    25 Okt 2015 : sebagai pembicara Seminar “ Remaja Mengajar....? Why Not...?


6)    27 0kt 2015 : Menjadi narasumber di EMC dengan tema Stress Ketika Menganggur


7)    3 Nov 2015 : Menjadi Narasumber di EMC dengan tema Pendidikan Bagi Anak & Komunikasi dalam Keluarga


8)    14 Nov 2015 : Peserta Pelatihan Peningkatan Motivasi Kerja Pada Guru TK


9)    24 Nov 2015 : Menjadi Peserta Seminar Internasional “ The Implementation of Trisakti and Saemaul Undong in the Improvement of Sosial Welfare”, yang diselenggarakan oleh Center of Trisakti and Saemaul Undong Studies, Universitas Gadjah Mada.


10)  30 Des 2015 : Menjadi Nara sumber di RRI dengan tema Tahun Baru dan Perencanaan Masa Depan


11)  5 Jan 2016 : Menjadi Nara sumber di EMC dengan tema Hambatan dalam Memenangkan Cita-cita


12)  6 Jan 2016 : Menjadi Nara sumber di RRI dengan tema Generasi Muda & Kemampuan Melihat Peluang









2 comments:

  1. Halloo mb Asih :D
    Saya adalah pengemarnya mb asih, terimakasih untuk tulisannya yang sangat memotivasi ini...

    ReplyDelete
  2. Makasih mb manik,mari kita berusaha,berkembang bersama,seiring,sejalan demi cita2 kita semua

    ReplyDelete