7.1.16

Ringkasan Artikel : Kembangkan Potensi Anak Lewat Bermai



Oleh : Naurmi Rojab Destiya
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 
      
     SLEMAN (KR) – Memperingati Dies Natalis ke-14, Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma “Dian Amanah” yang beralamat di Sumberan Sariharjo Ngaglik Sleman, mengadakan acara jalan sehat melibatkan seluruh siswa, guru, orangtua wali (komite) dan pengurus yayasan serta dibantu sejumlah mahasiswa PPL UNY, Sabtu (5/9).
          Seksi Kesiswaan SLB “Dian Amanah” Endro Wardoyo mengatakan, kegiatan jalan sehat dipilih sebagai sarana pengembangan diri para siswa, dengan cara belajar mengenal lingkungan. Sebelumnya diadakan sejumlah lomba antara lain lomba makan kerupuk dan menangkap ikan. Puncak peringatan ditandai pemotongan tumpeng. “Pendidikan disini mengkolaborasikan antara aspek akademik dengan rekreasi,” kata Endro kepada KR di sela kegiatan.
       Metode terapi yang diterapkan di SLB ini di antaranya metode Sensori Integrasi (SI) yang menggabungkan aspek sensori dan motoris, serta metode Play Therapy yang diberikan kepada siswa sembari bermain.
      Endro mengungkapkan, SLB ini memiliki 21 siswa (autis) dengan jumlah guru 16 orang, dengan jenjang pendidikan mulai SD, SMP, dan SMA. Sejumlah prestasi berhasil ditorehkan siswa SLB ini yakni, Ano yang menjadi juara 1 Lomba menyanyi tingkat provinsi serta Muhammad Lutfi juara 3 memainkan alat musik (keyboard) dalam Persenian tingkat kabupaten. Saat ini, Yayasan Dian Amanah tengah mempersiapkan pembangunan gedung sekolah seluas 750 meter persegi, tak jauh dari lokasi sekolah sekarang.

sumber : Kedaulatan Rakyat 7 September 2015

0 comments:

Post a Comment