8.1.16

Kembang Mentega Bisa Obati Keloid
Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
            Kekawatiran pasien maupun dokter dokter spesialis bedah terhadap penyakit keloid yang sering muncul pascaoperasi dan sulit disembuhkan, kini tidak akan terjadi lagi. Eksperimen yang dilakukan Dr. Ishandono Dachlan Msc SpB terhadap kembang mentega yang menjadi obat anti kanker, ternyata bisa juga untuk menyembuhkan keloid.
            Ishandono mengatakan dari eksperimen didapatkan bahwa senyawa 5 (alpha) oleandrin yang terdapat pada kembang mentega dapat menghambat proliferasi fibroblast keloid. Selain itu senyawa ini juga mampu menghambat timbunan kolagen fibroblast keloid.
            Keloid sendiri merupakan tumor jinak fibroproliferatif dermis yang  hanya terdapat pada manusia, ditandai dengan pertumbuhan jaringan parut yang melebihi batas luka aslinya. Selain mengganggu penampilan, keloid dapat menyebabkan kontraksi kulit, rasa nyeri dan gatal serta menurunkan kualitas hidup penderita akibat kecacatan fisik dan efek psikologis yang ditimbulkan.
            Walaupun saat ini banyak pilihan terapi, namun dalam penatalaksanaan keloid, terapi tersebut belum memberikan hasil yang memuaskan dan kekambuhannya masih tinggi, obat topical 5(alpha)oleandrin yang didapat dari kembang mentega memiliki efektifitas lebih baik dan lebih aman dibandingkan dengan terapi topical yang sudah ada.
            Sumber : Kedaulatan Rakyat, Jum’at Legi 4 September 2015 Hal 10


0 comments:

Post a Comment