7.1.16

EDUKASI CERDAS TRANSAKSI ONLINE



RINGKASAN ARTIKEL: OLX EDUKASI CERDAS TRANSAKSI ONLINE
Chusnul Rizatul Unsha
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Dunia online berbasis internet berkembang pesat. Jika mampu memanfaatkan, sudah tentu perkembangan internet yang sedemikian pesat bisa membawa keuntungan. Tapi jika tidak siap, bisa membawa dampak kurang baik.
Melalui OLX masyarakat diberikan edukasi menjadi pembelanja online yang pintar sehingga tidak tertipu. Tidak kurang dari 90 juta masyarakat Indonesia yang sudah mengakses internet dalam aktivitas keseharian. Namun belum ada separuhnya mampu memanfaatkan internet untuk menunjang sektor ekonominya. Melihat fakta ini jelas prospeknya sangat besar ke depan.
Melalui program terbaru Upgrade Indonesia, OLX yang sejak awal perjalanannya selama 10tahun ini fokus ke jual beli barang bekas ingin memperbaiki taraf hidup masyarakat dengan sistem pertukaran melalui koneksi jaringan internet. Sehingga diharapkan ekonomi masyarakat Indonesia bisa bergerak merata hingga ke lapisan bawah.
OLX hingga saat ini menjadi salah satu media belanja online terbesar di Indonesia. Bahkan OLX sudah menjangkau 40 negara di dunia. Sejak 2014, OLX yag awalnya bernama tokobagus.com memiliki sejarah baru setelah bergabung dengan berniaga.com
Sehari OLX bisa menerima 180 ribu ikan yang disampaikan masyarakat. Dari jumlah tersebut, antara 50 – 70 persen yang ditawarkan laku dalam jangka waktu 7 hari. Untuk sebulan, lalu lintas transaksi di OLX mencapai 3 miliar yang kebanyakan berasal dari perangkat smartphone/gadget yang memang menjadi fokus mobile application mereka.

Sumber tulisan:
Boedisoekarnanto, Franz. (2015). OLX Edukasi Cerdas Transaksi Online . Kedaulatan Rakyat , 16  Desember

0 comments:

Post a Comment