7.1.16

DISKRIMINASI TERJADI DI KAMPUS

Inda Stella Faubun
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
 Yogyakarta

Diskriminasi adalah perilaku menolak seseorang semata-mata karena dia anggota atau bukan anggota kelompok tertentu. Perlakuan berbeda umumnya lebih didorong prasangka yang biasanya negatif.  Perbedaan perlakuan hanya atas dasar prasangka dan masih terus berlangsung hingga saat ini, bahkan di kampus-kampus negeri ini.
Diskriminasi terkait dengan kecenderungan menilai secara negatif orang lain yang memiliki perbedaan dalam berbagai hal, misalnya seksualitas, ras, etnik, atau kekurangan kemampuan fisik. Diskriminasi yang terjadi di tempat kaum terpelajar, terutama terjadi antara yang berpenampilan menarik dan yang berpenampilan biasa-biasa saja. Diskriminasi ini sering terjadi di kalangan mahasiswi dibanding mahasiswa.
Diskriminasi bukan saja terjadi atas dasar penampilan, tetapi juga dalam hal prestasi akademik.  Perbedaan antara kelompok mahasiswa pandai dan kelompok mahasiswa yang kurang menonjol dalam prestasi  akademik menyebabkan munculnya kecemburuan dari kelompok mahasiswa dan mahasiswi yang dianggap kirang prestasi secara akademik. 
Diskriminasi yang terkait hal lain, misalnya jenis kelamin, agama, dan kondisi fisik tubuh, namun relatif minim.
Sumber:

Tri & Kulsum, K. U.(2015). Diskriminasi Terjadi Di Kampus.Kompas, 2 Oktober 2015. Hal. 34.

0 comments:

Post a Comment