11.1.16

Ringkasan Artikel: Ambil Peran Anda!




Oleh: Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Dari awal yang sederhana dan ekslusif, internet telah menjelma jadi pengubah wajah dunia dan melahirkan perusahaan perusahaan global seperti Apple, Microsoft, google, amazon, facebook, dan beragam platform e-commerce menghadirkan sebuah konsep turunan yang dijuluki oleh para pakar sebagai shared economy. Karakteristik utama adalah pergerakan produk dan jasa sangat cepat tanpa melalui perantara dengan difasilitasi oleh marketing platform.
                The ability to let consumers/user to be in control is the key to market legitimary yang perlu dibangun adalah ekosistem bukan sekadar bisuis laba-rugi yang mengutamakan egosistem bukan sekadar bisnis laba-rugi yang mengutamakan egosistem manajemen atau pemegang sahamnya. Sedangkan shared-economy is about ecosystem, not-egosystem. Kehadiran marketing platform memunculkan kelas masyarakat baru yang tidak bergantung pada gaji dari korporasi besar. Mereka pekerja independen, paham teknologi, dan berdaya.
                Legality is not the only legitimacy. Kehadiran marketing platform membuat pasar jadi lebih efisien, menguntungkan konsumen dan menjadi basis ekonomi murah. Dengan begitu, tanpa kita sadari perubahan dahsyat telah-masih-akan dan terus terjadi pada setiap sendi kehidupan. Platform juga bisa diadakan untuk petani—dapat dikenal, berinteraksi, dan bertransaksi langsung dengan para pembeli di kota. Revolusi senyap sedang berlangsung, ambil peran anda!
Daftar Pustaka:
Suhardono, Rene. (2015). Silent Revolution, it’s Happening, Be Ready: Kompas, sabtu 19 september hal 35

0 komentar:

Posting Komentar