8.1.16

Alarm Banjir Juara 1 Hari Ozon
Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 
Yogyakarta
            Alarm pendeteksi banjir sukses meraih juara 1 lomba pemanfaatan barang bekas dalam peringatan Hari Ozon 2015. Dimana kegiatan tersebut berlangsung? Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA N 1 Yogyakarta, kegiatan tersebut di adakan oleh kantor lingkungan hidup kota Yogyakarta.  Berapa peserta yang mengikuti lomba tersebut ? lomba tersebut diikuti oleh 28 tim. Karya Eko Cahyono dan kawan-kawannya mampu mengungguli tim lainnya berkat kreativitas dan inovasinya terbaik meski semua material dan komponen-komponennya dari barang bekas.
Menurut Eko, alat tersebut bisa digunakan di tempat yang langganan banjir dan bisa digunakan didalam rumah. Alat tersebut akan berbunyi jika ada kenaikan volume air yang masuk dalam wadah yang digunakan. Bagaimana cara kerja alat tersebut ? alat tersebut cara kerjanya sama dengan alat pengendali air yang ada di bak penampungan air, terdapat bunyi bel sehingga jika banjir masuk bisa diketahui sedini mungkin.
            Untuk juara 2 lomba daur ulang barang bekas, yaitu tim yang membuat rak buku tiga tingkat yang menggunakan Koran dan kardus bekas, juara ketiga meja laptop yang materialnya terbuat dari kardus bekas.

Sumber : Kedaulatan Rakyat, Sabtu Legi 2015

0 comments:

Post a Comment