11.1.16

Ringkasan Artikel: Ada Kegigihan di Balik Kesuksesan




Oleh Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

                Sungguh mengesankan, setelah lulus kuliah Sri Karmini diberi kesempatan untuk memilih lokasi mengajar karena prestasinya. Sri Karmini yang lahir pada 1 Oktober 1971 ini mengawali kariernya sebagai guru kelas IV di SDN Yosorejo 2 Pekalongan Selatan pada tahun 1993 selama dua tahun. Setelah itu, beliau mengabdikan diri mengajar di kelas VI. Dan banyak dari murid-murid beliau yang masuk SMP Negeri.
                Sri Karmini mengikuti tes kepala sekolah berbekal pengalamannya menjadi guru selama 18 tahun. Pada tahun 2011 Sri lolos, Sri  menjadi kepala sekolah di SDN Dekoro Pekalongan Timur selama dua tahun lantas Sri dipercaya untuk menjadi Kepala Sekolah di SDN Keputran 06 Pekalongan hingga saat ini.
                Bagi Sri, semakin tinggi sebuah tinggi maka semakin kencang angina yang menerpanya. Menjadi kepala sekolah bukan semata-mata pencapaian kariernya selama menjadi guru, tetapi ada tanggungjawab lebih yang ia emban. Sri mengaku, kadang menomorduakan keluarganya demi pekerjaan. Namun, keluarganya mengerti dan tetap mendukung.

                Menjabat sebagai kepala sekolah tentunya menghadapi berbagai tantangan yang datang silih berganti. Salah satu tantangan berat yang beliau temui adalah ketika ad pro-kontrak terhadap kebijakan baru yang menimbulkan komplai wali murid. Namun beliau tidak patah arang dan tetap optimis untuk menjadikkan SDN Kaputren 06 ini menjadi percontohan di Pekalongan.
Daftar Pustaka:
Karmini, Sri. (2015). Kegigihan Menjadi Modal Kesuksesan: Kompas, senin 1 Juni hal 35

0 comments:

Post a Comment