9.1.16



Pendidikan Sulit Di Daerah Pedesaan
Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Bicara soal gurusama dengan berbicara tentang kualitas pendidikan ditanah air ini.Guru adalah inti dari proses pendidikan.Guru juga manusia biasa,dengan kelebihan dan kekurangannya sebagai manusia guru tetap kunci utama.Seorang murid menyukai pelajaran bukan sekedar karna buku atau kurikulum,melainkan karna kualitas gurunya,guru yang menyebalkan membuat murid menjauhi pelajarannya,guru yang menyenangkan dan inspiratif membuat murid mencintai pelajarannya.
             Masalah yang sering dipersoalkan penempatan guru yang tidak merata,banyak didesa desa kecil jumlah guru sangat minim dan kesejahteraan guru tidak memadai,seharusnya guru dijamin kesejahteraannya.Melihat kondisi sebagian besar guru hari ini,kita seharusnya malu,kita titipkan masa depan anak kita kepada guru,tetapi nasib guru jarang kita perhatikan,terutama kaum terdidik yang sudah merasakan manfaat keterdidikan.Negara dan bangsa harus menjamin nasib guru.Guru pantas mendapat kehormatan karena mereka selama ini menjalankan peran terhormat bagi bangsa,indonesia akan berdiri makin tegak kuat dengan kualitas manusia yang mumpuni. Persepsi saya,guru sangat penting dan berpengaruh besar terhadap kualitas pendidikan di negara ini,guru juga sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu negara karena mereka mendidik anak-anak bangsa untuk masa depan kesejahteraan negara yang lebih bermutu

1 comment:

  1. Selamat malam, karena pada saat menulis komentar ini saya menikmati malam, entah mbak membacanya pada waktu pagi, siang, sore atau bahkan juga malam. Menanggapi argumen yang digiring dalam tulisan di atas saya sangat termotivasi sebagai kalangan akademisi. Namun saya di sini hanya ingin mengomentari beberapa cara penulisan yang masih sedikit carut marut. Sebagai mahasiswa mungkin jika dibaca juga oleh mahasiswa akan sangat sedikit miris mbak. Tolong diperhatikan cara penulisan, karena demikian akan mengundang pembaca untuk membaca sampe tuntas isi tulisan. Akan tetapi jika penulisannya sudah carut marut mungkin akan membuat pembaca mengernyitkan kulit wajah. Selanjutnya mengenai isi tulisan, tulisan sependek ini dengan tema yang menurut saya sangat bagus akan ketahuan sekali bahwa tulisan ini terlalu dipaksakan, terbukti argumen yang dikeluarkan masih kelihatan mentah dan masih mengandung pertanyaan terkait dengan tema tulisan. Mungkin hanya itu yang bisa saya komentari, semoga bisa menjadi lebih membangun bagi sesama. Terimakasih.

    ReplyDelete