27.12.15

                                                         Skripsi dan Les Vokal

Bagi seseorang yang mempunyai adik kemudian adiknya sudah lulus kuliah duluan biasanya keadaan kesehatan mentalnya dapat terganggu. Hal ini juga terjadi dengan teman penulis yaitu sarah (bukan nama sebenarnya), ketika adiknya sudah lulus kuliah sarah baru akan memulai skripsinya dan baru akan mengambil bebas teori. Hal ini tentunya membuat keadaannya mentalnya sedikit terganggu karena adanya omongan – omongan dari tantenya juga dari saudara keluarga sarah. Dia mungkin sebenarnya agak tertekan, tetapi sarah mempunyai alasan tersendiri . dalam menyelesaikan tugas kuliahnya sarah juga melakukan pengembangan dirinya, yaitu masuk dalam suatu kelas musik di suatu grup musik yang cukup terkenal di kotanya. Biasanya  sarah melakukan latihan rutin selama tiga kali dalam seminggu dan kemudian setiap weekend perform dalam suatu event. Dengan tidak meninggalkan skripsinya sarah tetap menjalani keduanya berjalan beriringan tanpa masalah. Sehingga sekarang skripsinya sudah selesai dan kemampuan menyanyinyapun semakin bagus.

Saya sebagai penulis dan pengamat terhadap teman saya tersebut memiliki pendapat bahwa jika seseorang memiliki motivasi untuk mencapai apa yang diinginkan, misalnya ingin skripsinya cepat selesai dengan sambil menjalani les vokal dapat menjaga kesehatan mental. Seperti ungkapan Rogers (Hidayat & herdi, 2013:62) bahwa orang yang memiliki motivasi untuk aktualisasi mereka dsebut orang yang berfungsi sepenuhnya. Artinya teman penulis sehat secara mental karena dia berusaha memotivasi dirinya untuk mencapai aktualisasi yang dia inginkan.
Melalui hasil pengamatan saya, saya memlikipendapat bahwa seseorang yang menyelesaikan skripsinya tetapi dia mempunyai kegiatan lain misalnya ikut les vokal, harus dapat membagi waktu antara skripsi dan les vokal namun harus tetap konsekuen terhadap apa yang dikerjakannya.
Pengendalian yang dapat dilakukan adalah menyelesaikan skripsi sesuai dengan materi dan bahan ajar dimana dia kuliah, juga les vokal dengan rajin agar semua itu dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
Daftar Pustaka
Hidayat, D.R, Herdi (2013). Bimbingan Konseling. Kesehatan Mental. Bandung . REMAJA ROSDAKARYA



0 comments:

Post a Comment