21.12.15

Ringkasan Artikel



UMPAN BALIK VERBAL, NONVERBAL DAN BAHASA YANG VERBAL, NONVERBAL
M. Junaidi
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampuh: Arundati Shinta

Komunikasi merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan pada orang lain atau pada komunikant, dimana komunikasi secara verbal dan nonverbal.
Komunikasi verbal adalah komunikasi yang di sampaikan komunikator kepada komunikan secara langsung baik penyampaiannya lewat pesan tertulis atau juga Komunikasi verbal yang efektif adalah berkomunikasi secara tepat dengan mempertimbangkan keadaan seorang komunikan  atau yang sesuai dengan situasinya. seperti, jika seorang komunikan mengerti tentang social maka seorang komunikator juga menyampaikan tentang seputar social agar seorang komunikan bisa saling menyambung dan bisa mengerti. Kadang banyak yang terjadi pada seseorang ketika berkomunikasi tidak mengerti karena ia tidak memahami topik dan tidak mengerti apa yang di bahas.
Pertimbangan yang tepat seorang komuniktor harus paham dengan pesan  yang harus di sampaikan pada komunikant. Komukasi akan di pahami ketika penyampaiannya jelas dan di mengerti. Dan seorang komukator harus paham berkomunikasi dengan siapa dan dimana. Banyak orang yang tidak mengerti dengan apa yang di sampaikan  karena ia tidak paham dengan bahasa yang di gunakan. Contoh, ketika berkomunikasi dengan orang yang masih belum paham materi seperti membahas topic pergerakan dan yang di ajak komukasi orang kecil seperti anak SD atau orang yang pengetahuannya masih minem, seperti orang yang tidak mengenyam pendidikan sama sekali.
Salah satu hambatan ketika berkomunikasi tidak lancar. Sering terjadi ketika ia tidak memahami topic pembahsan dan bahsa tidak di mengerti semisal menggunakan bahasa ilmiah pada orang yang tidak mengenyam pendidikan sama sekali seperti tadi di atas.
Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang di istilahkan dengan menggunakan bahsa tubuh atau dengan gerakan. Komunikasi nonverbal sering di gunakan ketika prentasi. Dimana penyampainnya menggunkan gerakan-gerakan, seperti gerkan tangan atau bahasa isyarat lainnya. Drs. Agus M. hardjana, M. sc., Ed. Mengatakankomunikasi nonverbal yaitu komunikasi yang pesannya di sampaikan tanpa suara dan kata-kata.
Umpan balik dari komunikasi verbal dan nonverbal, keterkaitan. Sering komunikasinya tidak efektif gara-gara tidak menggunakan nonverbal. Kalu menggunakan kata-kata terus tanpa menggunakan gerakan seorang komunikant kadang mersa bosan. Keefektifan komunikasi nonverbal, ketika prensentasi menggunakan gerakan yang sesuai dengan apa yang di ucapkan dan sesuai dengan penyampaian pesannya. Banyak yang terjadi ketika menyampaikan pesan ia tidak sesuai dengan gerakannya. Seperti ia menyampaikan tentang psikis tapai nonverbalnnya  menggunakan biologis. Ketidak sesuian tersebut juga menghambat dan tidak efektif.

0 comments:

Post a Comment