21.12.15

Ringkasan Artikel



MANUSIA DAN PEKERJAAN
M. Junaidi
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampuh: Arundati Shinta

Pada dasarnya manusia adalah pekerja, manusia yang mencari penghasilan dan manusia tidak akan lepas dari pekerjaan, dalam perusahaan sumberdaya manusia menjadi modal pertama untuk mensukseskan dan pencapaian sebuah keberhasilan., manusia juga bekerja sesuai dengan kemampuan dalam bidangnya.  Perusahaan adalah menjadi wadah atau tempat bagi pekerja untuk menjalankan kegiatan usahanya, tanpa ada tempat maka pekerja tidak akan bisa bekerja. Dalam bentuk perusahaan di bagi menjadi dua. Ada perorangan dan ada perkelompok. Perusahaan perorangan yaitu perusahaan yang di miliki oleh perorngan, seperti misalnya dagang. Baik manfaatnya dan penghasilannya di mliliki sendiri. beda dengan perusahaan secara kelompok. Yang kerjanya secara kerjasama baik kerja sama antar perorangan dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok. Perusahaan yang secara kelompok menjadi sebuah organisasi yang mempunyai structural, ada yang menjadi karyawan dan ada juga yang punyak sahamn, jadi penghasilannya di bagi sesuai dengan ketentuan organisasi tersebut.
Permasalahan yang reelevan dengan makna kerja adalah karyawan tidak memahami tentang makna kerja. karyawan memandang pekerjaan adalah sebuah usaha untuk menghasilkan  feedback yang bertujuan untuk menghasilkan uang, sedangkan ada tujuan lain selain mengasilkan uang, yaitu tujuan emosional. Mengontrol emosi dalam sebuah pekerjaan adalah modal utama untuk menghasilkan feedback balik.
Pekerjaan adalah bentuk dari cara manusia berinteraksi dengan lingkungan sosial, karena emosional itu dilatih ketika ia berinteraksi dengan lingkungan, sebuah perusahaan yang terdapat dari banyakknya anggota perlu karyawan melatih prilaku dan emosional dengan karyawan lain.
Perusahaan secara kelompok, seperti misalnya koperasi yang berbentuk organisasi. Yang terdiri dari keanggotaan, dalam melakukan usaha koperasi di lakukan secara demokratisdenagn melibatkan peran serta aktif semua anggota, dalam koperasi pembagian sisa hasil usaha di lakukan secara adil sebanding dengan jasa usaha setiap anggota. Sisa hasil usaha merupakan hasil koerasi.
Sumber daya manusia yang tentunya ada di Indonesia ini menjadi pekerja. Dalam hal ini Kerja adalah bagian sentral di dalam kehidupan manusia. Dengan pikiran dan tubuhnya, manusia mengorganisir pekerjaan, membuat benda-benda yang dapat membantu pekerjaannya tersebut, dan menentukan tujuan akhir dari kerjanya. Dapat juga dikatakan bahwa kerja merupakan aktivitas yang hanya unik dan ada yang mengatakan bahwasanya manusia di hukum oleh tuhannya untuk bekerja.

0 comments:

Post a Comment