11.12.15

RINGKASAN ARTIKEL : Pelatihan Kreasi Sampah, BLH Klaten Gandeng Bangkit Pandansimping



Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Klaten bekerja sama dengan Bank Sampah Pandansimping Bangkit menggelar pelatihan kreasi sampah di Desa Geneng, Prambanan. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari pada Jumat-Sabtu (8-9 Mei 2015) dan diikuti oleh 150 peserta. Penasehat Bank Sampah Pandansimping, Unggul Santoso, membuka  pelatihan ini dengan penyampaian sample lampion untuk lampu panjeran yang terbuat dari botol bekas dan limbah kain sebagai contoh kreasi limbah plastik yang sudah jadi dan mempunyai nilai seni yang tinggi.

Kepala BLH, Ir. Tajudin Akbar memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh peserta pelatihan yang hadir dan diharapkan para peserta dapat menjadi contoh untuk wilayah-wilayah lainnya dalam upaya menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan nyaman dari sampah. Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran BLH Kab. Klaten, Bambang Subiyantoro SH, mengatakan bahwa pelatihan kreasi ini barang bekas yang berupa sampah setelah diolah bisa menjadi berkah dengan memilah sampah sejak dari hulu atau tingkat rumah tangga. 


Bambang Subiyantoro mengungkapkan sampah merupakan permasalahan yang krusial karena polutan dari sampah merupakan sumber penyakit yang menggangu kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, masalah sampah sangat sesuai jika pengelolaannya dilakukan oleh komunitas Bank Sampah sehingga sampah akan mempunyai nilai yang tinggi bila dikelola dengan baik serta menjadikan lingkungan bersih dan sehat. Bank Sampah Pandansimping Bangkit yang dipandu oleh tim kreasi Sri Hening Rahmiati, Sudiyanti, Sri Sabarini, Enik Widiastuti, Bu Ambar, Bu Juminten, dll dalam pelatihan kreasi ini memberikan contoh pembuatan bunga dari botol dan tas plastik serta tas tangan dari bungkus plastik. 


Hubungan artikel ini dengan psikologi inovasi yakni kita diharapkan mampu membawa perubahan yang positif bagi lingkungan sekitar dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bernilai guna. Selain itu juga merupakan sebuah upaya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Sumber:
Djo. (2015). Pelatihan Kreasi Sampah, BLH Klaten Gandeng Bangkit Pandansimping. Joglo Pos, 11 -17 Mei 2015.

0 comments:

Post a Comment