11.12.15

RINGKASAN ARTIKEL : PC Windows Terkecil di Dunia



Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Intel Compute Stick merupakan PC Windows terkecil di dunia (chip.co.id). PC Stick ini berukuran kira-kira sebesar flashdisk dan merupakan solusi bagi orang-orang yang membutuhkan kemudahan serta kepraktisan perangkat komputer. PC terkecil ini bisa digunakan pada perangkat monitor apapun, termasuk tv selama memiliki port HDMI. Lalu bagaimana penggunaannya? Simpel dan sederhana itu gambaran penggunaan PC Stick ini karena cara penggunaannya cukup ditancapkan ke port HDMI dalam TV atau monitor dan adaptor sebagai pemasok daya. 

PC stick ini memiliki memori 2 GB, kapasitas ruang 32 GB dan dilengkapi proses Intel Atom Quad-Core serta beroperasi dengan sistem Windows 8.1. Selain itu perangkat telah dilengkapi dengan antivirus MacAffe sebagai pengaman. Komputer mini ini juga dilengkapi dengan microSD dan port USB sebagai perangkat penghubung HDD eksternal.
Sebenarnya Intel Compute bukan perangkat pertama yang menciptkan PC on stick atau berbentuk flash disk, sebelumnya sudah ada perangkat serupa menggunakan mikroarsitektur ARM dengan O.S Android.

Intel Compute Stick ini merupakan perangkat resmi pertama yang mengusung arsitektur x86 yang memiliki keuntungan seperti mendukung sistem operasi windows dan linux. Nilai plus inilah yang ditawarkan oleh Intel melalui Intel Compute Stick yang rencananya akan dijual di Indonesia dengan kisaran harga dibawah Rp 2.000.000,00.

Hubungan artikel dengan Psikologi Inovasi yaitu adanya penemuan baru ataupun penyempurnaan teknologi yang telah ada akan semakin memudahkan kebutuhan hidup manusia.



Sumber:
Ino. (2015). PC Windows Terkecil di Dunia. Kompas, 1 Juni 2015, hal. 37

0 comments:

Post a Comment