21.12.15

Ringkasan Artikel : Menjalankan Bisnis Penjualan yang Disukai Konsumen

Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Bagi Anda yang baru menjalankan bisnis dan ingin produknya diminati konsumen serta cepat terjual? Berikut ini adalah tips untuk bisnis, agar produk Anda bisa cepat terjual.

Pertama, keramaha. Penting bagi para penjual untuk menciptakan first imprssion yang baik dengan cara memberikan pelayanan prima kepada konsumen agar berubah menjadi pelanggan tetap Anda. Cara termudahnya dengan 3S yaitu salam, senyum dansapa. Banyak korporat besar yang menerapan aturan 3S sebagai standar pelayanan namun pada aplikasinya di lapangan tidak demikian. Oleh karena itu, penting bagi Anda memastikan standat pelayanan dapat dilakukan dengan sempurna.

Kedua, keunikan. Menciptakan keunikan produk yang baik saja tidak cukup. Anda perlu menciptakan produk yang unik. Tujuannya agar calon konsumen mudah mengingat bisnis Anda. Misalnya dengan menciptakan brand (merek) yang unik atau melakukan inovasi baru yang tak biasa, jenis produk harus diakui, jenis produk yang Anda jual mempengaruhi cepat/tidak lakunya di pasaran. Oleh karena itu, Anda sebagai penjual harus memastikan produk yang dijual memang mempunyai manfaat bagi konsumen.

Ketiga, informasi. Dalam dunia online dimana penjual dan pembeli tidak saling bertatap muka, penting untuk penjual untuk memberikan informasi produk secara lengkap dan jelas. Contohnya dengan menunjukkan gambar produk yang jelas dan deskripsi lengkap sesuai produk terkait.

Keempat, harga produk. Harga adalah fakta terakhir yang mempengaruhi cepat / tidak lakunya sebuah produk. Jangan sampai Anda menjual produk dengan harga jual terlalu tinggi atau terlalu rendah karena keduanya memberi dampak yang berbeda. Pelajari teori penetapan harga produk untuk mempermudah dalam menentukan harga jual. (Andrew Nugraha)




Sumber : Tribun Jogja | Minggu, 20 Desember 2015 | hal. 15

0 comments:

Post a Comment