20.12.15

Ringkasan Artikel : Kecanduan Anak dan Kecemasan Orang Tua



Ringkasan Artikel : Kecanduan Anak dan Kecemasan Orang Tua

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Orang tua adalah guru pertama dan utama dalam kehidupan keluarga. Tumbuh kembang anak harus diperhatikan dan penguatan keluarga harus dilakukan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat membuat anak semakin kecanduan gadget yang canggih, dan menimbulkan kecemasan pada orang tua. Apalagi kini informasi bisa diakses kapan saja dimana saja dalam bentuk apa saja. Dampak negatif dari kemajuan teknologi serta pengawaasan yang kurang dari orang tua antara lain, terganggunya kemampuan dan kesehatan anak secara keseluruhan, penurunan Emotional Quotient (EQ) pada anak. Selain itu anak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak yang menghabiskan lebih dari 2 jam di depan layar smartphone akan mengalami gangguan psikologis, termasuk depresi, kecemasan, kurangnya perhatian dan perilaku anak sering bermasalah. Ketika anak menatap layar, keterampilan verbal mereka, pengembangan emosional, dan perhatian dapat berkurang secara tajam. Pengaruh games dan gadget pada anak dapat menyebabkan kecanduan yang tinggi.
Usaha yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kecanduan gadget atau game pada anak antara lain pengawasan dari orang tua terhadap penggunaan gadget, buat kesepakatan dengan anak, berapa kali dalam seminggu boleh main game, kapan waktu yang tepat dan sanksi apa yang diberikan bila melanggar, melakukan filterisasi pada situs porno atau cek secara berkala situs apa yang sering dibuka  anak. Selain itu ,janganlah menjadi orang tua yang mengabaikan anak,karena begitu banyak jalan masuk untuk  merusak mental anak, tidak hanya melalui perangkat teknologi informasi semata.

Sumber tulisan : Ati ,(2015), Kecanduan Anak dan Kecemasan Orang Tua. Kedaulatan Rakyat,29 November 2015

Referensi

0 comments:

Post a Comment