27.12.15

RINGKASAN ARTIKEL: H BUCHORI AZ KETUA APJI 2014 KOMIT MANFAATKAN BAHAN PANGAN LOKAL



Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Bahan makanan lokal adalah bahan  makanan yang berasal dari suatu wilayah dimana bahan tersebut dihasilkan. Masalah yang terkait dengan hal ini adalah pemanfaatan bahan makanan lokal yang belum maksimal. Oleh karena itu Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Bantul berupaya komitmen untuk menggunakan bahan pangan lokal.
Pihak yang terkait dalam masalah bahan pangan lokal disini adalah H Buchori AZ Sag. Buchori adalah ketua DPC APJI Bantul untuk periode 2014-2015. Sebagai ketua APJI, Buchori berusaha berkomitmen dalam pemanfaatan bahan pangan lokal di Kabupaten Bantul sebagai bahan usaha catering dan boga.

Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan komitmen tersebut  adalah membina anggota agar tetap menjaga kualitas produk makanan, mendorong usaha rumahan untuk memiliki perizinan. Selain itu APJI juga memberikan pelatihan dan pembinaan masyarakat dengan membuat jenis makanan lain yang berbahan dasar bahan pangan lokal.
Kaitan dengan psikologi lingkungan adalah dalam hal kreativitas dalam menggunakan barang yang ada. Barang yang dimaksud adalah bahan pangan lokal yang digunakan untuk menghasilkan jenis makanan baru. Kreativitas warga dioptimalkan dengan aksi nyata yang diwujudkan dengan mendorong usaha yang sudah ada, memberikan pelatihan dan pembinaan masyarakat.

Sumber: Roy. 2014. H Buchori AZ Ketua APJI 2014 Komit manfaatkan bahan pangan lokal. Kedaulatan Rakyat edisi Minggu 16 November hal.3

0 comments:

Post a Comment