27.12.15

RINGKASAN ARTIKEL: AIR SUNGAI OYA DIOLAH, 20.000 JIWA NIKMATI AIR BERSIH



Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Pemerintah melakukan berbagai upaya dalam pengadaan air bersih bagi warga. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dalam meningkatkan kualitas air dari Sungai Oya. Hal ini dilakukan karena wilayah di Gunung Kidul sering terjadi defisit air bersih, terutama saat musim kemarau tiba.
Siapa saja yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas air di Sungai Oya ini? Salah satu lembaga milik pemerintah dalam pengadaan air adalah PDAM, dalam hal ini PDAM Wonosari Gunung Kidul. Semua kegiatan yang berkaitan dengan air untuk konsumsi warga dikelola oleh PDAM.
Peningkatan kualitas air dari Sungai Oya ini dilakukan di desa Gading kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul. Air sungai Oya di kawasan tersebut terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. Namun kualitas air masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menghasilkan air bersih ditempat yang jumlah airnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan warga tersebut. Cara yang dilakukan pemerintah antara lain menampung air yang terbuang, kemudian menyaring menggunakan berbagai macam zat kimia agar bersih dari bakter dan kuman. Setelah air tersebut jernih dan layak konsumsi, kemudian air dialirkan ke bak penampungan yang telah disediakan.
Kaitannya dengan psikologi lingkungan adalah dalam hal persepsi terhadap lingkungan, dalam hal ini persepsi terhadap air sungai. Persepsi terhadap air sungai di sini adalah mengenai pemanfaatan maksimal pada air sungai yang ada. Di mana air sungai yang tersedia dari sisi jumlah sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan.

Sumber:
Widodo, E. 2014. Air sungai oya diolah, 20.000 jiwa nikmati air bersih. Kedaulatan Rakyat 22 November hal. 3

0 comments:

Post a Comment