27.12.15

Rangkuman Artikel: Bekerja Sambil Kuliah, Mengapa Tidak?



Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Bekerja sambil kuliah bukan merupakan hal yang baru. Bahkan saat ini sudah semakin banyak mahasiswa yang sudah memasuki dunia kerja ketika masih berstatus sebagai mahasiswa. Begitu pun banyak orang yang berstatus karyawan tapi masih melanjutkan pendidikannya ditingkat perguruan tinggi. Bagi mahasiswa sendiri, alasan memasuki dunia kerja lebih awal bermacam-macam. Salah satu alasan yang sering dikemukakan adalah berkaitan dengan masalah finansial.
Bekerja sambil kuliah ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Manfaat yang pertama adalah menjadikan diri lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Bagi individu yang memasuki dunia kerja saat masih berstatus mahasiswa, pengalaman bekerja menjadi sangat penting terutama dalam hal adaptasi. Adaptasi yang akan dilakukan biasanya akan lebih cepat. Selain adaptasi individu tersebut juga akan lebih cekatan dalam menyelesaiakan pekerjaan.
Manfaat kedua yaitu akan membuat diri lebih mapan secara finansial. Bekerja berarti menghasilkan pendapatan atau uang. Ini artinya mahasiswa akan mendapatkan penghasilan secara mandiri. Sehingga dengan bekerja akan membuat mahasiswa belajar mandiri dan mengelola keuangan pribadinya. Hal ini sangat penting untuk kehidupan saat bekerja nanti.
Manfaat ketiga adalah akan membuat individu lebih mandiri. Dalam kemandirian, kemampuan untuk mengatur segala sesuatunya akan ditantang. Mulai dari mengatur waktu untuk kuliah dan bekerja. Hal ini bertujuan agar didapatkan keseimbangan. Sehingga harapan dari bekerja sambil kuliah bisa tercapai, yaitu kuliah bisa selesai dan tentu saja masih bisa berkarir di dunia kerja.
Manfaat keempat yaitu dapat mengasah mental mahasiswa menjadi lebih matang. Bagi mahasiswa yang bekerja ketika masih kuliah akan berkesempatan untuk mengenal dunia kerja lebih awal. Keuntungannya adalah bisa bersiap-siap ketika nantinya lulus kuliah. Bekerja sambil kuliah juga dapat membuka peluang baru bagi mahasiswa yang bersangkutan. Peluang tersebut misalnya dapat mengenal orang-orang baru dan peluang untuk dapat menjawab persoalan-persoalan baru.
Bagi mahasiswa yang sudah memasuki dunia kerja bisa memilih pekerjaan yang disesuaiakan dengan jadwal kuliah. Tujuannya supaya kegiatan kuliah tidak terganggu pekerjaan dan begitu pula sebaliknya. Dalam dunia kerja, yang digunakan bukan hanya (atau bahkan tidak digunakan teori-teori kuliah) tentang teori kuliah. Namun kemampuan softskill yang akan berkembang di dunia pekerjaan. Misalnya kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, adaptasi dan membangun kerja sama kelompok.
Bisa dikatakan bahwa tidak ada yang rugi ketika seseorang mau melanjutkan kuliah sedangkan dia juga masih bisa berkarir. Manfaat yang didapat dan dirasakan juga akan didapatkan. Jadi jangan ragu untuk mengambil kuliah saat menjadi karyawan.
Sumber:
    .(2015). Bekerja sambil kuliah, mengapa tidak?. Kompas edisi 15 Desember hal 36

0 comments:

Post a Comment