21.12.15

Ringkasan Artikel



INDUSTRI INDONESIA

M. Junaidi
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampuh: Arundati Shinta

Industi adalah suatu usaha atau juga kegiatan yang bisa mendapatkan nilai menguntungkan, industri ini tidak hanya memicu pada keuntungan akademisi akan tetapi juga berupa material dan jasa. Jual beli apakah juga di katakan industri? ternyata jual beli juga di katakan industri karena ia saling menguntungkan. Dan yang menjadi persolan dan permaslahannya, penelitian dan pengembangan investasi untuk menambah nilai produk masih belum ada pengembangan dan indonesia masih membuat penelitian agar nilai produk punyak nilai tambah. Dan mengapa hal ini terjadi salah satunya persaingan dengan produk yang dari luar.
Di dalam industri ini tentunya yang ada di indonesia bisa sangat di bilang terpuruk karena keberadaannya sampai saat ini masih di bawah 1 persen, Di banding dengan negara lain seperti malaysia. Tentunya yang terlibat dalam industri ini adalah negara yang berkaitan dan yang menjalin hubungan dengan produk-produk impor atau juga di katakan dengan negara luar semisal malaysia, di malaysia total belanja litbang sampai mencapai 6 persen sedangkan di indonesia masih di bawah 1 persen, kenapa itu terjadi karena di malaysia mengembangkan atau berinvestasi pada riset, sedang-kan di indonesia masih berinvestasi pada penelitian bagaimana mengembangkan produk bukan meningkatkan investasi dari riset tersebut.
Salah satu yang mendasari agar industri  di indonesia ini bersaing dengan negara luar maka perlu penerapan pengembangan dan juga penelitian itu harus terealisasikan dan  di jalankan sesuai dengan investasi dan produk yang menjadi bahan.karena industri di indonesia ini masih sangat rendah maka perlu penelitian tersebut di jalankan.
Sering kewalahan ketika penerapannya tidak sesuai dengan penelitiannya. Kerancuan dan dampaknya semakin tambah merosotnya nilai industri indonesia di mata negara lain.
Menjalankan penelitian agar industri di indonesia ini berkembang dan bersaing dengan negara-negara lain, salah satunya meningkatkan kualiatas di bidang keindustriannya.

0 comments:

Post a Comment