28.12.15

Mahasiswa Asing Bisa Kenalkan Indonesia

Ringkasan artikel : Mahasiswa Asing Bisa Kenalkan Indonesia


Antoni Firdaus
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Mahasiswa asing yang belajar di Indonesia berpotensi besar ikut membantu memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional, khususnya ke Negara asal mereka.Saat ini, terdapat 6.200 mahasiswa asing yang belajar di Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta.
Harapan ini terlontar dalam pembukaan Konferensi Mahasiswa Asing Ke-4 (4th International Student Summit 2015) bertema “Pemartabatan Bangsa Indonesia Melalui Budaya, Wisata, dan Bahasa Indonesia di Era Global” di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, senin (06/11).

Totok yang membuka KOnferensi Mahasiswa Asing 2015 mengatakan, para mahasiswa yang berasal dari berbagai Negara ini bias memberi sumbangsih besar terhadap kemajuan Indonesia, yakni menjadi duta wisata dan budaya Indonesia di Negara masing-masing. Dengan demikian, Indonesia dan segala potensi besarnya bias semakin dikenal.

Presiden Mahasiswa Internasional Indonesia 2014 Mona Boughalni asal Tunisia mengatakan, pada ajang kali ini, para mahasiswa terlibat lebih aktif dan kreatif dalam mengenal Indonesia, kali ini mereke juga membuat video documenter.
Rektor UMM Muhadjir Effendy berharap para mahasiswa asing yang belajar di Indonesia bias menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian yang dimiliki bangsa ini. Mereka juga harus memahami dan mempelajari budaya dan bahasa Indonesia sehingga bias menyebarluaskan tentang Indonesia ke Negara asal saat mereka kembali nanti.

Sumber : WER, Mahasiswa Asing Bisa Kenalkan Indonesia. Kompas, 17 Novemver 2015. Hal 11

0 comments:

Post a Comment