27.12.15

Kinerja Karyawan Menurun

Dalam bekerja biasanya ada kelompok kerja tim dan individu. Suatu kerja tim biasanya terdiri dari seorang pemimpin / tim leader dan crew/ personil-personilnya. Dalam kinerja tim biasanya saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Jika ada salah satu personil yang kinerjanya menurun biasanya akan berpengaruh terhadap personil lainnya. Hal itu juga terjadi pada dani (bukan nama sebenarnya). Ketika dani mengumpulkan laporan tidak tepat waktu, begitu juga sering datang terlambat, dan merasakan kerja yang monoton di kantornya, kerjaan sangat banyak dan tidak ada refreshing atau istilahnya piknik bersama dengan tim kantor.

Saya sebagai penulis dan pengamat kinerja karyawan tersebut memiliki pendapat bahwa seorang karyawan yang kinerjanya menurun misalnya mengumpulkan laporan tidak tepat waktu, sering terlambat datang disebabkan karena karyawan tersebut merasa bosan dengan pekerjaan yang menumpuk dan monoton, selain itu dari kantor sendiri juga tidak pernah mengadakan piknik bersama anggota kantor sehingga kinerja karyawan menurun. Hal ini sesuai dengan formulasi yang dibuat Bandura (Walgito, 2010) bahwa perilaku (B) , lingkungan (E), dan organisme  atau person (P), saling berpengaruh satu dengan yang lainnya. Perilaku akan berpengaruh pada lingkungan dan diri organisme atau person; dan person akan berpengaruh pada lingkungan dan perilaku; demikian pula lingkungan akan berpengaruh pada perilaku dan organisme atau person, dengan kata lain persamaannya B= f (P,E).
Melalui pengamatan saya, saya memiliki pendapat bahwa lingkungan mempengaruhi kinerja seseorang, begitu juga sebaliknya kinerja seseorang mempengaruhi lingkungan kerjanya.  Seseorang yang kinerjanya menurun, mengumpulkan laporan tidak tepat waktu (B), disebabkan karena lingkungan kerja yang monoton dan tidak ada piknik (E), menyebabkan karyawan jadi malas (P) sehingga kinerjanya menurun. Hal ini memmbuktikan bahwa persamaan B = f (P, E).
Pengendalian yang dapat dilakukan adalah agar pekerjaan tidak monoton diperlukan kreativitas dari karyawan, begitu juga dari kantor sebaiknya mengadakan piknik bersama atau kegiatan sejenis agar karyawannya semangat bekerja sehingga dapat meningkatkan kinerja dan dapat bekerja dengan baik.
Prediksi : menurut saya jika pengendalian dapat dilakukan dan berjalan sepenuhnya maka kinerja karyawan akan meningkat dan pekerjaan dapat selesai secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
Daftar Pustaka

Walgito , Bimo. 2010. Pengantar Psikologi umum. Yogyakarta . ANDI YOGYAKARTA

0 comments:

Post a Comment