21.12.15

Jangan Telanjang


                                                           Jangan Telanjang
Joko Prambudiyono
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Kontan Kamis 22 Oktober 2015
            Sejak kemunculannya, Google Street View memang menuai pro dan kontra dari segala penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Sebgaian suka dengan layanan Google ini lantaran bisa menikmati banyak manfaat, mulai dari bisa menikmati ragam keindahan dunia hanya dalam jentikan jari, bisa mempromosikan usaha hingga memanfaatkan detail gambar yang tertangkap street view Google untuk kebutuhan strategis lain.
            Ada juga yang memprotes, layanan pribadinya terusik oleh street view besutan Google yang lahir sejak tahun 2007. Pihka yang memprotes ini merasa protes ini merasa potret depan rumahna tak diumbar di public. Mereka khawatir data gamabr-gambar tersebut digunakan pihak-pihak yang tak bertangungjawab. Mobil google ini dilengkapi dengan kamera 360 derajat jadi dapat menjelajahi Indonesia sikap pemerintah Indonesia nyaris tak terbaca.
            Sejak tahun 2012 pemerintah mengijinkan Google masuk dan menangkap, sudut-sudut jalan, hutan di nusantara lengkap berisiisinya. Jelas manfaatnya sangat baik misalnya mempromosikan Indonesia. Banyak asset-aset kekayaan negeri ini terekam cantik oleh street view. Hal ini dapat menjadi modal berharga untuk mengenalkan negeri ini ke dunia. Ada juga potret buruk misal minimnya fasilitas infrastruktur, rusaknya fasilitas umum. Tak hanya di ibu kota tepi sampai hingga plosok tanah air. Lagi-lagi ini bisa kita manfaatkan untuk memantau penetasan pembangunan, apakah target atau meleset.
            Manfaat penting lain adalah pemerintah bisa mengitai aset-aset pegawainya apakah aparatnya amananah atau tidak dalam menjalankan tugas. Aparat pajak bisa memantau langsung di lapangan  juga wajib dilakukan, mengingat google street meng-update gambanya setahun sekali.
            Maski banyak manfaat positif yang bisa kita raup, efek negative juga layak kita timbang. Yani betapa telanjangnya kita, hutan, wilayah tambang, laut, hingga kemanan wilayah perbatasan ter-capture detail lewat kamera 360 derajat. Sangat mungkin privasi dan keamanan kita terusik. Oleh karena itu, sikap tegas, pemerintah atas jelajah street view dibatasi dan harus diperjelas. Minim agar kita tidak benar-benar telanjang.

0 comments:

Post a Comment