28.12.15

HANDPHONE BAGI PELAJAR



RINGKASAN ARTIKEL: HANDPHONE BAGI PELAJAR
Umi Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Kehadiran telepon seluler (ponsel) atau Handphone telah merubah kehidupan manusia. Jarak selama ini dituding menjadi biang keladi kesulitan itu, tidak kuasa lagi menghalangi. Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa dirinya sangat tergantung pada Handphone. Menurutnya, kehadiran ponsel sangat membantu kemudahan hidup, komunikasi. Tujuan kemudahan hidup itu pula yang memaksa dirinya memutuskan menggunakan ponsel beberapa tahun silam. Alasannya biar bisa berkomunikasi dengan mudah. Sebagian besar para remaja mengatakan bahwa tujuan utama menggunakan ponsel adalah, “Sebagai alat komunikasi dan sebagai penyambung silaturahmi, sebagai hiburan, dan tidak menutup kemungkinan sebagai alat tambahan membantu dalam kelancaran berbisnis.” Tak bisa dipungkiri lagi, bagi mereka yang hidup di perkotaan, di dunia modern yang menuntut segala sesuatunya serba cepat dan mudah, memiliki ponsel seperti sebuah keniscayaan.
Handphone juga ada berdampak negatifnya. Banyak orang yang terlena dan asyik dengan handphone. Terkadang orang sudah tidak peka atau tidak peduli lagi dengan orang disekitarnya. Ada yang menggunakan HP tidak pada tempatnya dan waktunya, Misalnya ketika sedang mengendarai motor atau mobil. Hal ini sangat membahanyakan diri sendiri atau orang lain.  Terlalu sering bertelepon akan mengurangi kesempatan bertatap muka secara langsung. Selain itu juga orang semakin malas berkirim surat.
Dari penggunaan HP tersebut yang kurang mendapatkan perhatian dari para pengguna adalah efek samping dari gelombang elektromanetik HP yang berbahaya bagi kesehatan, khususnya indra pendengaran. Apabila dampak negatif ini dibiarkan mendera bagi anak sekolah akan sangat membahayakan masa depan mereka. HP bagi pelajar sangatlah kurang efisien sebab banyak dampak negatif untuk para pelajar. Untuk para keluarga yang anak-anaknya mempunyai tempat belajar masing-masing harus selalu dikontrol, jangan sampai mereka melalaikan tugas utamanya. Mengikuti kemajuan zaman yang semakin maju dengan teknologi memang perlu namun hendaknya juga tetap dapat memilih yang terbaik dalam pengguaanya. Kapan dan di mana menggunakan agar tidak lalai dan terjerumus masa depannya.
Undaryati, Siti. (2015). Handphone bagi Pelajar. Bernas Jogya. 20 mei, Halaman 4.

0 comments:

Post a Comment