28.12.15

Generasi Muda dan Narkoba



RINGKASA ARTIKEL: GENERASI MUDA dan NARKOBA
Umi Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Beberapa dekade terakhir mungkin masih terngiang dibenak kita berita tentang salah seorang mahasiswi di yogyakarta yang meninggal dunia dikamar kost ketika hendak melahirkan anaknya. Ini hanya salah satu dari sekian bayak perilaku amoral generasi muda indonesia saat ini.

Kita semua tentu prihatin dengan persoalan narkoba. Kita pasti tidak mau dan bahkan takut kehilangan generasi muda bagi masa depan bangsa indonesia. Hal ini tentu berkaitan era dengan harkat dan martabat bangsa. Oleh karena itu, upaya menyelamatkan generasi muda dari narkoba harus dilihat sebagai tanggung jawab bersama, Kita pun tidak sepenuhnya menggantungkan diri pada pemerintah untuk menyelamatkan generasi muda dari jerat lingkaran setan narkoba.
Langkah pertama yang perlu dilakukan supaya generasi muda tidak lagi mencintai narkoba, melainkan membenci narkoba adalah Menguatkann sistem dan pengontrolan yang ketat dari semua pihak. Pemerintah melalui pihak polisi dan petugas keamanan lainnya harus memperketat setiap jalur masuk dari para imigran terutama bandara dan pelabuhan. Pengawasan dari keluarga dan lingkungan juga harus semakin diperketat dan dipupuk sejak dini sehingga upaya dari generasi muda untuk massuk dalam jerat lingkaran setan narkoba sangat sulit.

Solanta, Epifanius. (2015). Generasi Muda dan Narkoba. Bernas Jogja. 20 Mei, Halaman 4

0 comments:

Post a Comment